Langsung ke konten utama

Cara membuat sabun mandi alami sendiri pemula pun bisa

cara membuat sabun mandi alami sendiri
Membuat sabun mandi sendiri

Cara membuat sabun mandi alami

Membuat sabun mandi batangan sendiri?Pemula pun bisa!.Yup, Memang mudah dalam pembuatan sabun mandi sendiri.Bahkan seorang pemula pun bisa sekejap bisa! membuat sabun sendiri dirumah.

Lalu bagaimana cara pembuatan sabun mandi itu sendiri? ok mari kita simak sebentar, proses dalam Pembuatan sabun ada 3 cara dalam pembuatan sabun,Apa saja itu?

Cara pembuatan sabun dengan metode cold process


Pembuatan sabun dengan metode cold process ini terbilang mudah,cocok juga untuk di ikuti oleh para pemula, karena ibarat anda menjadi sebuah juru masak (koki) di sebuah dapur.kalian tinggal mencampurkan semua bahan - bahan yang sudah disiapkan dan dicampurkan hingga menjadi masakan yang enak,wholaa! Yup kalian disini tinggal mencampurkan larutan alkali dengan minyak, kemudian diaduk sampai trace atau mengental,dan tahap selanjutnya adonan sabun yang sudah jadi dituangkan dalam cetakan dan tunggu 1-3 hari hingga mengeras,kemudian kalian bisa keluarkan sabun itu dari cetakan,wholaa! sudah jadi sabun buatan kalian. Akan tetapi sabun belum bisa digunakan,kok bisa? kenapa? karena, pembuatan sabun dengan metode cold process memerlukan waktu tunggu untuk siap dipakai atau bisa disebut waktu curing sabun. Waktu curing sabun itu variatif, ada yang 2-4 minggu sudah bisa digunakan, atau bahkan kalian bisa menunggu lebih lama ,berbulan - bulan untuk siap sabun tersebut digunakan.Wah lama juga yah? Yup :).

Cara pembuatan sabun dengan metode hot process


Pembuatan sabun dengan metode hot process ialah proses pembuatan sabun yang pada dasarnya  melalui pemasakan berjam - jam adonan sabun yang bertujuan untuk menghilangkan kandungan alkali pada adonan sabun tersebut atau memangkas waktu curing sabun pada metode cold process. Saat proses pemasakan kalian setiap waktu akan memeriksa ph sabun tersebut sampai mencapai ph dikatakan netral baru kalian bisa menuangkan kedalam cetakan kemudian tunggu beberapa hari hingga adonan sabun mengeras dalam cetakan dan bisa langsung digunakan sabun tersebut.tapi sebaiknya melalui waktu curing 1 minggu hingga mencapai optimal sabun tersebut.Jika kalian baru memulai membuat sabun tidak disarankan langsung menggunakan metode ini tapi saya juga tidak melarang kalian untuk langsung membuat sabun dengan metode hot process.Kekurangan dalam proses metode hot process akan mengalami kendala adonan susah dimasukan kedalam cetakan,kalian akan susah mendesain atau mempercantik sabun kalian, hasil sabun terkadang tidak sebagus menggunakan metode cold process.

Cara pembuatan sabun dengan Melt and Pour


Pembuatan sabun dengan metode Melt and Pour ialah menggunakan sabun dasar yang sudah jadi kemudian kalian tinggal melelehkan sabun tersebut.Kemudian kalian bisa menambahkan aditif lainnya,semisal pewarna sabun,essential oil,fragrance oil/parfum,vitamin,dll.Akan tetapi penambahan aditif terbilang sedikit 1-10% dari total berat sabun.Jika kalian terlalu berlebihan menambahkan aditif akan merubah tekstur sabun tersebut.Metode ini paling mudah diikuti oleh pemula,karena tinggal melelehkan sabun dasar beberapa menit,kemudian menambahkan aditif dan tuang kedalam cetakan.Tunggu sabun sampai mengeras dalam cetakan.Jika sudah mengeras,keluarkan sabun dalam cetakan dan siap digunakan.OH ya jika kalian ingin membuat produk sabun dengan bahan alami,tanyakan kepada supplier melt and pour kalian,yang terkandung dalam sabun tersebut terkandung apa saja? contoh apakah terkandung sles(sls) deterjen, paraben (pengawet) tidak? kalau menggunakan bahan - bahan tersebut berarti kalian harus mencari supplier melt and pour lainnya, kan kalian ingin membuat sabun dengan bahan alami bukan?.

Jadi kesimpulannya dari menilik 3 proses pembuatan Sabun yang mudah diikuti oleh pemula adalah pembuatan sabun dengan metode cold process,melt and pour,baru kemudian pembuatan sabun dengan metode hot process.

Nah disini saya akan memberikan contoh atau mempratekan membuat sabun dengan metode cold process. Bahan - bahannya apa saja yang diperlukan dan peralatan yang digunankan? ok saya akan jelaskan.

Bahan - bahan membuat sabun cold process batch 100gr oil:
  1. Minyak kelapa (Coconut oil) 35gr
  2. Olive Oil 20gr
  3. Canola oil 30gr
  4. Minyak kelapa sawit (palm oil)15gr
  5. Aquadest/air destilasi 30gr
  6. NaOH/Sodium Hydroxide/caustic soda/soda api 15gr
Peralatan dalam pembuatan sabun:
  1. Hand Blender atau bisa menggunakan whisk mixer/kayu/plastik tahan panas
  2. Alat pengukur suhu/thermometer
  3. Cetakan sabun
  4. Sarung tangan tahan kimia
  5. Kacamata lab
  6. Wadah stainless steels/wadah tahan panas/kimia
  7. Timbangan digital
Semua peralatan harus bersih yah,jangan lupa untuk melakukan higienis pada peralatan dan tempat yang akan digunakan dalam pembuatan sabun.Dan Jangan lupa gunakan safety gear seperti sarung tangan tahan kimia,dan kacamata lab/kacamata goggle lab.Kemudian Pelaratan yang digunakan pilihlah yang stainless steel/plastik tahan kimia,sehingga tidak terjadinya reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Ok! mulailah tahap pembuatan sabun:

Yang Pertama, Campurkan semua minyak kedalam wadah.Yang Kedua, Campurkan NaOH kedalam aquadest/air destilasi,INGAT! jangan terbalik, JANGAN MENCAPURKAN AIR KEDALAM NaOH/Caustic soda, bisa terjadi letupan - letupan.Yang ketiga, Cek suhu larutan air dengan NaOH dan cek suhu minyak, Setelah suhu larutan sama dengan suhu minyak, kemudian tuangkan larutan tersebut kedalam minyak.Yang keempat,aduk menggunakan hand blender jika ingin mempercepat trace/mengental.Yang kelima,Setelah adonan sabun mengental,tuangkan kedalam cetakan,tunggu 1-2 hari hingga mengeras.Yang Keenam,setelah adonan mengeras,keluarkan dari cetakan dan tempatkan sabun ke tempat yang bersih dan kering untuk melalui proses waktu curing 2-3 minggu untuk siap digunakan. Mudahkan cara membuat sabun

Nah jika ingin melihat langsung proses pembuatan sabun, Saya sudah membuat video youtube Mudah membuat sabun homemade dengan cold process bisa klik disini

Ok, sekian berbagi pada tutorial kali ini, nantikan post - postingan lainnya atau video selanjutnya 

Komentar