Langsung ke konten utama

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur yang murah dan aman


https://creasoap.blogspot.com/2018/11/cara-menghilangkan-komedo-dengan-putih-telur.html
cara menghilangkan komedo dengan putih telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur

Munculnya komedo di area wajah banyak faktor yang mempengaruhinya.Jenis komedo ada 2 yaitu komedo putih atau whiteheads dan komedo hitam atau blackheads.Untuk komedo hitam atau blackheads jarang ditemui kasus di Indonesia.Populasi orang yang memiliki komedo hitam lebih banyak ditemui kasus di Amerika.

Komedo termasuk dalam acne atau jerawat pada kategori ringan.Kemunculan komedo di wajah bisa di sebabkan kelenjar minyak yang tersumbat dibawah kulit,faktor hormon,dan gaya hidup tidak bersih.

Penyebab Komedo di wajah

Kulit manusia mempunyai pori-pori yang terhubung ke kelenjar minyak dibawah kulit.Folikel akan menghubungkan kelenjar ke pori-pori kulit.Folikel ialah kantung kecil yang memproduksi dan mengeluarkan cairan.Kelenjar memproduksi  cairan yang disebut sebum.sebum lalu membawa sel-sel kulit mati melalui folikel ke permukaan kulit.Rambut kecil tumbuh melewati  folikel yang keluar dari kulit.Selanjutnya jerawat akan muncul ketika folikel ini tersumbat dan minyak menumpuk dibawah kulit.Sel-sel yang sudah mati kemudian sebum dan rambut dapat menggumpal menjadi steker.Steker ini terinfeksi oleh bakteri  propionibacterium acnes(p.acnes) yang akan menimbulkan bengkak.komedo atau jerawat akan berkembang ketika steker mulai rusak.

Penyebab komedo di wajah karena hormon

Hormon juga bisa menjadi faktor komedo atau jerawat muncul di wajah.Ketika adanya peningkatan kadar Androgen bisa memicu timbulnya komedo atau jerawat di wajah,karena disebabkan kelenjar minyak tumbuh dibawah kulit.Androgen sendiri ialah sejenis hormon yang meningkat dimulai dari usia remaja,pada wanita akan diubah menjadi estrogen.

Penyebab komedo oleh gaya hidup

  • Merokok
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak atau sejenisnya yang memicu pertumbuhan komedo
  • Seringnya melakukan aktifitas di luar dengan polusi udara yang buruk di lingkungan sekitar
  • Kurang menjaga kebersihan atau higienis
  • Terlalu stress
  • Penggunaan kosmetik yang tidak cocok

Untuk penyembuhan komedo yang murah dan bisa dilakukan dirumah adalah memanfaatkan putih telur untuk dijadikan masker. Sebelum penggunaan putih telur jadi masker bersihkan wajah terlebih dahulu.Setelah wajah bersih oleskan putih telur ke wajah dan diamkan hingga kering sekitar 15-30 menit.Setelah putih telur kering di wajah lalu bilaslah dengan air hangat.

Manfaat putih telur untuk wajah:

  • Putih telur mengandung protein: mampu meningkatkan elastisitas kulit
  • Putih telur mengandung kolagen  berfungsi  mengurangi  garis kulit atau kerutan pada wajah
  • Putih telur mengandung kalium:memberikan kelembapan pada kulit
  • Putih telur mengandung Riboflavin:membantu mencegah penuaan dini
  • Putih telur mengandung magnesium:memperlambat penuaan dini

Bisa juga memanfaatkan bahan tambahan untuk dicampur dengan putih telur untuk menghilangkan komedo, seperti madu,lidah buaya,jeruk lemon,alpukat.

Komentar