Langsung ke konten utama

Video cara membuat sabun mandi cold process


Nah kali ini saya mencoba berbagi cara membuat sabun mandi dengan metode cold process. Kelebihan Sabun ini tanpa SLS dan Tanpa pengawet seperti Paraben :)

Sebelum pembuatan sabun , alangkah baiknya melakukan Higienis/Sanitary dulu alat - alat yang akan dipergunakan dan tempat dimana kita akan membuat sabun. 

Kemudian Jangan Lupa! Gunakan alat keamanan seperti sarung tangan yang tahan kimia,dan kacamata lab, Jadi ketika adanya kejadian lumpatan cairan alkali/adonan sabun mengenai kita,kita tetap aman, karena cairan alkali bisa mengiritasi kulit dan bisa juga  mengakibatkan fatal kebutaan pada mata kalian.

Resep sabun yang saya bikin kali ini, batch 100g oil :
- Minyak kelapa 35g
- Olive oil 20g
- Canola oil 30g
- Palm oil 15g

- Aquadest/air destilasi 30g
- NaOH/Caustic Soda/Soda Api 15g
- Super Fat 5%, lye concentration :33%

nb:jika kalian mengganti salah satu minyak dari resep saya, kalian harus menghitung ulang semua dari awal.

karena saya tidak menggunakan aditif lainnya, jadi air pelarut yang digunakan sedikit,sehingga mempercepat terjadinya trace,mempercepat waktu curing juga, dan cepat keras dalam cetakan seperti yang tertampil pada video,adonan sabun susah masuk kedalam cetakan.Jika Anda berencana bermain/mempercantik sabun kedalam cetakan, gunakan air lebih banyak / minyak jenis soft oil diperbanyak persentasenya, terlalu banyak minyak kelapa / minyak palm(kelapa sawit) bisa membuat kulit anda kering walaupun daya membersihkannya besar.

Cuci Wadah/Alat yang terlibat dalam pembuatan sabun menggunakan sarung tangan kimia, sehingga kulit anda tidak ter-iritasi.

Mudah bukan cara membuat sabun mandi sendiri di rumah?
Sekian, Terima Kasih!

Jangan Lupa LIKE & Dukung Channel baru ini dengan Subscribe Youtube Creasoap Channel
Nantikan video lainnya cara membuat sabun 

Komentar