Langsung ke konten utama

Arbutin:Alpha Arbutin dan Beta Arbutin Agen Pemutih Kulit

Arbutin:Alpha Arbutin dan Beta Arbutin Agen Pemutih Kulit

Arbutin adalah agen pemutih kulit turunan dari hydroquinone (glycosylated hydroquinone) hasil ektrasi dari buah bearberry.Arbutin terbilang lebih aman dari penggunaan hydroquinone pada kosmetik yang sudah banyak di larang di banyak negara,Karena Hydroquinone ini dipercaya dapat memutasi gen dan meningkatkan terjadinya penyakit ochronosis yang bisa menimbulkan kulit menjadi gelap dan Hydroquinone diketahui beresiko menyebabkan kanker.

Nama lain arbutin adalah arbutoside dan Hydroquinone β-D-glucopyranoside memiliki formula kimia C12H16O7.Kandungan arbutin dengan jumlah sangat sedikit diketemukan juga pada gandum,kulit buah pir,dan jenis makanan lainnya.Arbutin juga di temukan pada tumbuhan Bergenia Crassifolia dan arbutin diproduksi juga oleh kultur jaringan tanaman Schisandra chinensis.

Cara kerja arbutin adalah dengan menghambat produksi enzim tirosinase sehingga tidak terjadi hiperpigmentasi seperti melasma, lentigo dan melanosis.Dan arbutin juga mengontrol produksi melanin pada pigmen kulit.

Arbutin pada kosmetik kecantikan bisa ditemukan pada produk sabun,cream,lotion,serum,dan masker.

Dua jenis arbutin yang biasa terdapat pada ingredient kosmetik ,yaitu alpha arbutin dan beta arbutin.

Alpha Arbutin

Alpha-Arbutin (4- Hydroxyphenyl- ± -D-glucopyranoside) adalah bahan aktif biosintetik yang murni, larut dalam air. Alpha-Arbutin memblokir epidermal melanin dengan menghambat oksidasi enzimatik dari Tyrosine dan Dopa. Alpha Arbutin terbilang lebih aman dari efek hydoquinone karena pelepasan secara bertahap.Sehingga Alpha Arbutin adalah cara cepat memutihkan kulit dan lebih aman. Alpha-Arbutin juga meminimalkan bintik-bintik hati dan memenuhi semua persyaratan produk kosmetik pemutih kulit dan pencerah kulit modern.

Alpha Arbutin mudah larut dalam air jadi memudahkan pembuatan kosmetik ke dalam fase formulasi air.Alpha Arbutin stabil terhadap hidrolisis yang diuji dalam rentang pH dari 3,5 - 6,6. Konsentrasi yang disarankan: 0,2% bila diformulasikan sebagai produk pengelupasan kulit atau penetrasi, Alpha Arbutin juga bisa digunakan hingga maksimal 2%.

Alpha Arbutin pada kosmetik kecantikan termasuk campuran bahan kimia pemutih kulit yang mahal.Jika menemukan ingredient hanya mencantumkan arbutin pada kemasan,kemungkinan menggunakan Beta Arbutin.

Beta Arbutin

Beta arbutin  dengan nama kimia (4-Hydroxyphenyl-β-D-glucopyranoside) adalah bahan pemutih sintetis yang merupakan turunan dari Alpha Arbutin. Beta Arbutin termasuk bahan pemutih kulit murah pada produk kosmetik.Khasiat memutihkan kulit Beta Arbutin tidak secepat Alpha Arbutin.

Perbedaan Alpha Arbutin dengan Beta Arbutin
https://creasoap.blogspot.com/alpha-arbutin-beta-arbutin.html

  1. Alpha Arbutin 10-15 kali lebih cepat memutihkan kulit daripada Beta Arbutin
  2. Harga Alpha Arbutin lebih mahal dari Beta arbutin
  3. Beta arbutin lebih stabil dari Alpha Arbutin

Harga Alpha Arbutin dan Harga Beta Arbutin

  • Harga Alpha Arbutin di online shop berkisar antara Rp. 60.000 – Rp. 90.000 per 5gram -10gram
  • Harga Beta Arbutin di online shop berkisar Rp. 250.000 per 100gram, artinya harga Beta Arbutin Rp.12.500 per 5gram

Resiko Arbutin

Arbutin adalah hydroquinone yang ter-glucosylated atau turunan dari hydroquinone, Mungkin bisa membawa risiko kanker yang sama, meskipun ada juga klaim bahwa arbutin mengurangi risiko kanker.Pada sebuah Lembaga Penelitian Makanan Jerman di Potsdam menemukan bahwa bakteri usus dapat mengubah arbutin menjadi hydroquinone, yang menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi kanker usus.

Komentar