Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Ketombe Yang Tepat

Cara Menghilangkan Ketombe Yang Tepat

Rambut ketombe-an? Memiliki rambut ketombe-an memang menjengkelkan. Pasalnya kita tidak bisa menggunakan pakaian hitam saat jalan jalan bersama teman,atau kuliah,atau mendatangi suatu acara pesta.Karena ketombe akan nampak pada pakaian hitam kita dan itu akan membuat kita malu jika diketahui orang lain,dan merasa risih ketika ketombe ada di pakaian dan ada teman disamping saat itu.

Rambut ketombe mungkin salah satu penyebab orang berkurang kepercayaan dirinya saat berpenampilan selain jerawat di muka.

Gejala ketombe


Gejala ketombe yang muncul adalah adanya kulit mati berwarna putih yang menumpuk di area rambut kepala dan itu bisa membuat gatal pada area rambut ketombe-an.

Penyebab ketombe


Penyebab ketombe-an di kepala bisa dikarenakan rambut kering,kelebihan minyak alami atau kekurangan minyak pada rambut,bisa juga disebabkan oleh adanya jamur dikepala.

Jamur penyebab rambut ketombe yaitu malassezia globosa yang mendapat asupan makanan dari kulit kepala yang berminyak.Cara kerjanya jamur ini mendapatkan asupan makanan dari kulit kepala melalui enzim yang menghasilkan asam oleic dan meresap ke kulit kepala dan menyebabkan kulit memerah.

Penggunaan produk peƱata rambut secara berlebihan juga bisa memungkinkan timbulnya rambut berketombe, dikarenakan menumpuknya kotoran,lemak,dan residu rambut yang menutup pori pori kulit kepala dan rentan menimbulkan ketombe di rambut.

Namun pada faktanya belum bisa dibuktikan oleh para ilmuan akan penyebab pasti timbulnya ketombe atau dermatitis serbaroik.

Menurut Idriss,”Walaupun penyebab ketombe belum diketahui,tapi dipercayai timbulnya ketombe dipicu oleh respon imun yang abnormal dari jamur yang biasanya tidak disadari yang disebut Pityrosporum”.

“Jangan biarkan ketombe berlarut lama berada dirambut,Karena serpihan kulit mati yang menumpuk pada kepala dapat menutup folikel rambut yang menyebabkan gangguan pertumbuhan rambut baru yang bisa mengakibatkan rambut rontok dalam jangka waktu lama”.

Untuk mencegah hal itu terjadi,perlunya menghilangkan ketombe dengan melakukan perawatan anti ketombe.

Perawatan anti ketombe bisa menggunakan shampo anti ketombe atau menggunakan bahan alami untuk menghilangkan ketombe.

Shampo anti ketombe terbaik adalah yang mengandung bahan:


  • Zinc Pyrithione: Sebagai anti bakteri dan anti jamur untuk mengurangi penyebab ketombe
  • Tea tree Oil: Shampo cocok untuk rambut ketombe dan gatal
  • Ketoconazole: Shampo anti ketombe dengan kandungan ketoconazole ada yang dijual bebas atau melalui resep dokter.
  • Asam Silsilat: Perhatian jika dalam dosis tinggi penggunaan dapat membuat kulit kepala kering dan akan memperparah ketombe di rambut
  • Selenium Sulfida: Perhatian shampo anti ketombe dengan selenium sulfide memiliki efek samping pada perubahan rambut
  • Coal tar: Perhatian pada shampo anti ketombe yang tercantum bahan coal tar memiliki efek samping pada perubahan warna rambut
  • Eukaliptus:Shampo cocok untuk rambut ketombe dan gatal

Cara Menghilangkan Rambut Ketombe dengan Bahan Alami


  • Essential Tea tree Oil
  • Essential Eucalyptus Oil
Penggunaan essential oil untuk mengatasi rambut ketombe perlu mengecerkan essential oil terlebih dahulu dengan minyak pelarut seperti minyak zaitun,jojoba oil,castor oil.

  • Lidah buaya: Untuk menghilangkan ketombe dan memberikan kelembaban lebih pada rambut kering
  • Baking soda: Mengandung alkalin untuk menetralisir kulit kepala dan menyeimbangkan pH.Dan sebagai agen pengering minyak berlebihan pada rambut.
  • Jahe: Untuk mengatasi rambut ketombe dan merangsang akar rambut agar tidak rontok.
  • Teh Hijau: Memiliki kaya anti oksidan untuk melawan jamur penyebab ketombe di rambut.
  • Biji chia: Untuk memberikan vitamin ke kulit untuk melawan jamur penyebab ketombe di rambut.
  • Cuka apel: Cuka apel memiliki kaya akan anti oksidan yang menjadi salah satu perawatan anti ketombe yang ampuh.

Komentar