Langsung ke konten utama

Dasar Perawatan Wajah Skincare Routine

Cara Perawatan Kulit Untuk Mempertahankan Wajah Muda dan Bercahaya

Hei, kali ini tips dasar cara perawatan kulit rutin sehingga kamu terlihat menarik di depan umum, baik di sekolah kamu, kuliah, kantor atau ketika kamu berkencan dengan teman-teman. Berikut ini tips perawatan kulit wajah terbaik untuk wajah kamu, yang akan membantu kamu menjaga kulit wajah yang sehat dan bercahaya.

Rutinitas Perawatan Kulit Dasar

Tahukah kamu, apa saja perawatan dasar perawatan kulit? Itu gampang. Membersihkan, mengencangkan dan melembapkan setiap hari. Pertama untuk menghilangkan kotoran dan bakteri, kedua untuk memperbaiki jaringan dan ketiga untuk menjaga kulit agar menghindari garis-garis dan kerutan dini.

1. Tips Rutin Perawatan Kulit Dasar No. 1 - CLEANSING: 

Lakukan dua kali sehari dengan produk optimal yang cocok buat kamu. Memilih mana yang akan digunakan sebenarnya tergantung pada jenis kulit kamu dan tingkat keparahan jerawat. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu akan membutuhkan produk yang lebih lembut dan dalam kasus kulit yang kurang sensitif, kamu dapat memilih produk yang sedikit lebih keras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Namun, Jika kamu menyukai  produk organik atau alami, gunakan jus lemon, getah dandelion, madu, dll. Untuk pembersihan alami, gunakan salah satu dari berikut:

(a) Ambil 1 sendok makan susu yang tidak direbus, celupkan sedikit kapas kapas ke dalam susu dan gosokkan pada wajah kamu dengan lembut. Gunakan gerakan memutar, gunakan goresan ke atas di area leher. Cuci muka kamu setelah sepuluh menit.

(b) Potong tomat dalam dua bagian dan gosok lembut di atas wajah dan leher kamu dengan lembut. Cuci setelah sepuluh menit.

(c) Ambil setengah dari kulit jeruk nipis. serut kulit jeruk nipis atau menggunakan blender. Gosokkan kulit jeruk halus dengan kuat di wajah dan leher kamu. Gunakan ini sebagai scrub, sekali dalam 3-4 hari.

(d) Ambil buttermilk encer, oleskan ke wajah kamu dan biarkan selama sepuluh menit, bersihkan dengan kapas basah.

2. Tips Rutin Perawatan Kulit Dasar No. 2 - Toning: 

Toner menghilangkan semua jejak kotoran, make-up atau pembersih yang terakhir setelah pembersihan. Segera setelah dibersihkan, oleskan toner pada dahi dan pipi dengan bantuan kapas

(a) Berhati-hatilah untuk menerapkan toner ke celah-celah di sekitar hidung

(b) Dan menerapkan toner ke celah-celah di sekitar dagu.

3. Perawatan Kulit Dasar Tip Rutin No. 3 - Pelembab: 

Ini direkomendasikan jika kamu memiliki kulit kering. Pelembab akan membantu menjaga kulit tetap halus dan lentur. Wajah kamu dapat mengalami efek pengeringan dari perubahan suhu, jadi  lapisan pelembab di atas kulit akan mengurangi efek pengeringan di wajah.

(a) Gunakan ujung jari kamu untuk mengoleskan krim pelembab ringan ke seluruh wajah kamu.

(b) Tekan  memutar mutar kedua jari tangan pada bagian dahi kamu dan krim. Tepuk krim dengan lembut di sekitar mata.

(c) Pijat krim di atas tenggorokan dengan tangan bergantian, menggunakan putaran ke atas dari tulang leher ke dagu.

Tips Perawatan Kulit Wajah Tambahan

Selain tiga tips perawatan kulit dasar di atas untuk wajah kamu, ikuti juga tips kecantikan alami berikut ini:

1. Gunakan masker untuk menghilangkan bulu halus di wajah: Setiap orang menyukai tampilan bersih, bebas dari bulu halus di wajah. Gunakan rutin masker untuk mengangkat bulu halu halus tiap kali mulai tumbuh atau nampak kembali.

2. Perawatan bibir: Jagalah agar bibir kamu tetap lembab dengan bantuan lip hydrator agar tidak mengalami pecah pecah di bibir. Tip kecantikan alami adalah dengan menggosokkan larutan gula dan air pada bibir dan kemudian menggunakan pelembab. Gula menghilangkan sel-sel mati dan akan meremajakan bibir kamu. Tetap gunakan pelembab bibir dan gunakan kapan pun kamu membutuhkannya. Namun, jangan gunakan terlalu banyak chap-stick, karena bibir kamu dapat kecanduan bahan kimia yang mencegah bibir pecah-pecah dan bibir akan berhenti memproduksi minyak alami.

3. Exfoliating Facial Scrub: Ikuti kebiasaan menggunakan facial scrub dua hingga tiga kali seminggu. Gunakan scrub wajah pengelupas untuk mengelupas sel-sel kulit mati.

4. Hindari menyentuh wajah kamu: Jangan terbiasa dengan kebiasaan buruk menyentuh wajah kamu atau menyandarkan wajah ke tangan kamu. Dengan melakukan ini, sekresi minyak alami tangan kamu akan menyumbat pori-pori kulit yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat.Juga, biasakan untuk mengganti sarung bantal kamu sesering mungkin,saat minyak alami membekas lama di sarung bantal dan saat di malam hari, meningkatkan kemungkinan untuk menutup pori-pori kulit dan juga memperparah masalah jerawat.

5. Minumlah banyak air putih untuk menjaga kulitkamu terhidrasi: tubuh kamu membutuhkan banyak air putih untuk menjaga diri terhidrasi sepanjang hari. Jadi minum delapan gelas air sehari untuk mengimbangi kehilangan air dari tubuh kamu karena berkeringat, urin, dll.

6. Lindungi wajah Anda dari sinar UV yang berbahaya: Sinar ultraviolet merusak kulit kamu dari waktu ke waktu. Jadi lindungi wajah kamu dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Jika kamu ingin melindungi wajah dari sinar ultraviolet yang berbahaya, gunakan pelembab dengan SPF minimal 15.

7. Gunakan produk-produk berkualitas baik: Biasakan menggunakan produk berkualitas baik dengan bahan-bahan alami daripada memilih bahan kimia berbahaya untuk manfaat jangka panjang dari waktu ke waktu. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak esensial, ekstrak botani, dan memanfaatkan minyak kelapa, wijen,minyak zaitun,dan ekstra minyak lainnya. Produk-produk seperti itu akan melindungi dan menyehatkan kulit kamu dengan antioksidan dan asam lemak penting.

Komentar