Langsung ke konten utama

Daftar Essential Oil Terbaik Untuk Rambut

Essential Oil Untuk Kesehatan Rambut,Rambut Ketombe,Rambut Rontok

Ketika memulai ke perawatan alami untuk rambut, Essential oil atau minyak atsiri untuk rambut dapat menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan rambut alami. Apakah kamu sedang mencari jawaban tentang cara untuk memperkuat atau menebalkan rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe & kulit kering di kepala atau memberikan kilau pada rambut.Essensial oil dapat memainkan peran besar dalam perawatan rambut kamu dan juga relatif lebih aman.

Untuk harga essential oil juga termasuk masih terjangkau,dan kamu cuma perlu beberapa tetes dari satu botol essential oil yang dibeli saat penggunaan.Dan essential oil bisa sebagai parfum alami untuk rambut.Selain essential oil untuk perawatan rambut juga sering digunakan sebagai skincare routine alami.

Sudah cukup lama saya mencoba berbagai essential oil untuk perawatan rambut,dan di sini sudah ada  daftar essential oil favorit saya,dan saya akan jelaskan bersama dengan manfaat tiap tiap essential oil untuk rambut,kemudian bagaimana cara menggunakan dan menerapkan essential oil pada rambut.

Catatan: Sebelum saya menjelaskan daftar esensial oil terbaik untuk rambut, berikut ini saya berikan sedikit beberapa kiat pertama:

1.Selalu gunakan minyak esensial dengan aman hanya untuk penggunaan luar saja atau tidak dikonsumsi

2.Jangan pernah menggunakannya murni atau menggunakannya secara langsung ke rambut.Karena essential terlalu kental dan kamu harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak pelarut.Dibawah nanti saya jelaskan juga minyak pelarut favorit saya.

mari kita lihat daftar essential oil terbaik untuk rambut:

1.Lavender Essential Oil

Lavender essential oil memiliki sifat antimikroba - yang membantu mencegah gangguan bakteri dan jamur.

Menurut sebuah studi pada tahun 2016 pada hewan, ditemukan bahwa penggunaan minyak lavender secara topikal meningkatkan jumlah folikel rambut - yang berarti kepala rambut lebih tebal dan pertumbuhan rambut lebih cepat dari biasanya. Folikel rambut juga ditemukan lebih dalam yang mengarah ke akar yang lebih kuat untuk mengurangi rambut rontok.

Dan ketika dioleskan ke rambut atau kulit kepala,dapat mengobati banyak masalah pada rambut atau kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala gatal atau ketombe dan bahkan infeksi. Manfaat minyak lavender lainnya adalah: menenangkan kulit kepala dan merawat rambut kering.

2.Rosemary Essential Oil

Rosemary essential oil  adalah salah satu Essential oil terbaik untuk pertumbuhan dan ketebalan rambut. Minyak esensial rosemary merangsang sirkulasi dan metabolisme sel, dengan demikian mencegah folikel rambut dari kekurangan pasokan darah, mati, dan menyebabkan kerontokan rambut.

Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa minyak rosemary tampaknya sama efektifnya dengan minoxidil , perawatan rambut rontok topical konvensional (Sumber 1). Dalam penelitian lain, ditemukan bekerja baik untuk pertumbuhan rambut pada kebotakan ketika digunakan selama minimal enam bulan.

Manfaat lain essential oil rosemary adalah: Dapat digunakan untuk (i) mengobati rambut kering, kusam, kulit kepala gatal, dan rambut yang terlalu berminyak (ii) mencegah ketombe dan (iii) mencegah rambut beruban prematur.

Berikut cara mudah untuk mengaplikasikan minyak rosemary ke rambut. Cukup gunakan 3 hingga 4 tetes dan aduk rata dengan bagian yang sama dari minyak zaitun extra virgin. Oleskan ke rambut dan sambil memijat kepala selama sekitar 2 menit, lalu biarkan di rambut selama sekitar 3 hingga 4 jam. Kemudian cuci rambut seperti biasa dengan shampoo yang biasa kamu pakai.

3.Cedarwood Essential Oil

Cedarwood Essential oil membantu merangsang folikel rambut dan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala untuk melawan penipisan rambut, memperlambat kerontokan rambut dan bahkan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian dilakukan di Skotlandia di mana 86 orang ikut berpartisipasi. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok,kelompok pertama melakukan rutinitas memijat kulit kepala mereka setiap hari menggunakan ramuan minyak cedarwood, thyme, rosemary dan lavender dicampur dengan minyak pelarut jojoba dan minyak  grapeseed. Kelompok kedua memijat hanya dengan minyak pelarut setiap hari. Setelah 7 bulan, 44% dari peserta dalam kelompok pertama mengungkapkan penurunan gejala alopecia (rambut rontok), sementara hanya 15% dari kelompok lain menunjukkan perbaikan.(sumber)

Cedarwood juga bermanfaat dalam mengurangi gejala ketombe.

Kayu cedar sangat cocok dengan minyak esensial yang lembut seperti lavender dan minyak pelarut seperti minyak kelapa. kamu juga dapat mencampur 2 hingga 3 tetes minyak esensial cedarwood dengan kondisioner kamu.

4.Peppermint Essential Oil

Peppermint essential oil memiliki khasiat antiseptik yang kuat, yang membuatnya menjadi obat yang baik untuk ketombe.Hal ini membantu merangsang kulit kepala. Dalam studi yang dilakukan pada hewan tahun 2014,menunjukan bahwa dalam menerapkan secara topical, 3 persen minyak esensial peppermint dicampur dengan minyak jojoba sebagai pelarut hasilnya sangat meningkatkan pertumbuhan rambut (ketebalan dan panjang) dan folikel rambut yang lebih dalam untuk memperkuat akar rambut juga (sumber ).

Campur 2 hingga 3 tetes minyak esensial peppermint ke dalam shampoo atau kondisioner favorit kamu.

5 Lemongrass Essential oil

Lemongrass essential oil atau minyak sereh memiliki sifat penyembuhan yang kuat, antiviral dan sifat antijamur yang membuatnya bermanfaat untuk sejumlah masalah kulit kepala.

Dalam sebuah studi penelitian 2015, terlihat bahwa pengaplikasian minyak sereh secara topikal mengurangi ketombe terutama setelah 7 hari dan keefektifannya meningkat bahkan lebih setelah 14 hari aplikasi topikal. (Sumber)

Dalam penelitian lain, membandingkan tonik rambut dengan dicampur pengenceran 10% minyak atsiri sereh memberikan hasil terbaik untuk mengobati ketombe yang disebabkan oleh jamur(Sumber).

Manfaat lain dari minyak ini adalah membantu memperkuat folikel rambut dan menenangkan kulit kepala yang gatal dan teriritasi.Nilai lebihnya adalah ia juga berfungsi sebagai pembersih dan pewangi yang efektif.

Kamu dapat mencampurkan 8 hingga 10 tetes minyak sereh ke botol sampo atau kondisioner favorit kamu.

6 Ylang Ylang Essential Oil

Minyak esensial bunga ini adalah bahan yang efektif untuk perawatan rambut. Penggunaannya mengulang kembali ke zaman Victoria di Inggris, ketika orang-orang menggunakannya sebagai obat pertumbuhan rambut alami. Hal ini bermanfaat untuk rambut dengan beberapa cara dan membantu mencegah kerontokan rambut, merawat kulit kepala kering, memperkuat rambut. Minyak ini menstimulasi sekresi sebum alami oleh kulit kepala, menghasilkan kulit kepala yang lebih sehat - dengan demikian meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah penipisan rambut dan menyuburkan rambut yang kering dan rusak.


Selalu pastikan bahwa kamu hanya membeli 100% Essential murni. Disarankan juga agar kamu melakukan uji tempel sebelum menerapkan essential oil apa pun yang akan kamu gunakan pertama kali.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di atas bahwa karena minyak esensial sangat kental,maka kamu harus mencairkannya dengan minyak pelarut sebelum menerapkannya
Berikut adalah minyak pelarut favorit saya yang sangat cocok untuk rambut:

Minyak Kelapa: Mengandung asam lemak rantai menengah yang memiliki antivirus kuat, anti-inflamasi, antimikroba dan sifat antijamur. Sifat-sifat ini membuatnya efektif dalam membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, yang membantu dalam mencegah dan mengobati masalah seperti ketombe. Selain itu memiliki sifat pelembab alami sehingga meninggalkan rasa lembab di rambut.

Jojoba Oil: Minyak ini hampir mirip dengan sekresi minyak alami di kulit manusia.Jojoba bertindak sebagai emolien dan melembabkan. Poin bonusnya adalah memnbuat folikel rambut lebih dalam dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minyak Zaitun: Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan lainnya. Ini sangat bagus untuk memerangi ketombe, rambut keriting dan mencegah kulit kepala kering. Minyak zaitun adalah jenis  minyak lembut dan bekerja dengan baik dengan jumlah banyak sebagai minyak pelarut dengan minyak esensial. 

Minyak Sweet Almond: Tinggi vitamin A, D, E dan mono- & polyunsaturated fatty acids, minyak almond adalah minyak yang sangat ringan dan dapat diserap dengan mudah. Sangat bergizi dan melembabkan.

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Minyak Esensial Pada Rambut?

(i) Campur Dengan Shampo Atau Kondisioner: Saat mencuci rambut, cukup tambahkan 1 atau 2 tetes minyak esensial pilihan Anda ke shampo atau kondisioner dan busa seperti biasa.

(ii) Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Esensial: Pilihan lain adalah memijat kulit kepala dengan minyak esensial untuk membantu melawan gejala ketombe, psoriasis, atau untuk merangsang kulit kepala Anda untuk pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Cukup gabungkan minyak esensial pilihan kamu untuk rambut dengan minyak pelarut dan pijat campuran ke kulit kepala kamu sebagai berikut:

(a) Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian. Sambil memijat lembut dengan jari-jari bersih kamu, oleskan campuran minyak ke seluruh kulit kepala.

(b) Diamkan rambut minimal satu jam. Setelah satu jam atau mungkin semalam, bersihkan campuran minyak tersebut.

Semua penelitian mengatakan hasil dapat terlihat efektif setelah penggunaan konsisten selama minimal 6 bulan. Sebagian besar perawatan diterapkan setiap hari sampai hasil di inginkan tercapai.



Komentar