Langsung ke konten utama

Kojic acid:Sejarah,Manfaat,Penggunaan,Efek Samping,Tips


Kojic Acid:Sejarah,Manfaat,Penggunaan,Tips



Sejarah Kojic Acid

Kojic acid atau asam kojic ditemukan di Jepang oleh Saito pada tahun 1907,Kojic Acid adalah senyawa baru miselium dari jamur Aspergillus oryzae yang ditabur di nasi kukus (koji dalam bahasa jepang).

Dan senyawa organik baru tersebut diberikan nama oleh Yabuta pada tahun 1913.Dan pada tahun 1924 berhasil mengklarifikasi struktur kojic acid,dan memperkenalkan metabolit jamur itu sebagai 5-hydroxy-2-hydroxymethyl-4-pyranone.

Kojic acid juga dikenal sebagai chelation agent dan skin lightening agent.

Manfaat kojic acid

Kojic acid di manfaatkan dalam produk makanan sebagai pengawet makanan dan kojic acid skincare digunakan sebagai agen pemutih kulit atau skin lightening agent.

Kojic acid mencegah pertumbuhan tirosin oleh asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin.

Pada orang berkulit putih, melanosit lebih sedikit memproduksi melanin.Sebaliknya pada kasus orang berkulit hitam,melanosit lebih banyak memproduksi melanin.Melanin adalah salah satu pigmen pada kulit yang menentukan warna kulit,semakin banyak melanin maka semakin gelap kulit orang tersebut.begitupun sebaliknya semakin sedikit melanin pada kulit maka semakin putih kulit orang teresebut.

Manfaat Kojic acid Pada Produk Skincare

  1. Kojic acid untuk mencerah kulit atau lightening skin dan pemutih kulit atau whitening skin
  2. Kojic acid untuk menghilangkan tanda tanda hiperpigmentasi,seperti menghilangkan bekas jerawat,garis garis di kulit wajah,bintik bintik di wajah,gelap di area lingkaran mata,noda hitam di wajah atau dark spot.
  3. Kojic acid untuk mencegah atau mengurangi gejala melasma pada kulit atau gangguan kulit umum pada wanita yang memiliki kulit gelap.
  4. Kojic acid sebagai  agen anti penuaan alami berkat kemampuanya mengikat zat besi(chelation agent)
  5. Kojic acid untuk meratakan warna kulit
  6. Kojic acid untuk merontokan daki kulit pada seluruh tubuh.

Penggunaan Kojic acid Pada Kosmetik

Penggunaan kojic acid pada kosmetik skincare tersedia dalam bentuk seperti sabun kojic acid,cream kojic,masker,serum,dan lotion.Penggunaan kosentrasi kojic acid pada produk kosmetik maksimal 1% sebagai bahan campuran sediaan produk kosmetik.Tanyakan pada penjual kojic acid anjuran rekomendasi pemakaian kojic acid jika kamu ingin mencapurkan kojic acid kedalam sabun,cream,lotion,serum,atau masker.

Pengalaman saya membeli kojic acid di online shop untuk mencerahkan kulit dengan menggunakan 0,2% dari total berat produk kosmetik.Saya menggunakan kojic acid untuk membuat sabun alami dengan bahan campuran lain seperti jus alpukat,vitamin E,dan essential sea buckthorn oil.Dan hasilnya saya puas,Karena daki pada area leher rontok,dan daki di tangan dan kaki juga rontok,komedo dan bekas jerawat pada wajah saya juga mulai pada hilang,apalagi adanya kandungan jus alpukat pada sabun bikin melembabkan kulit dan halus di wajah.

Kojic acid mudah sekali teroksidasi sebagai campuran kosmetik maka dari itu perlu ditambahkan asam glikolat atau vitamin,seperti tocopherol oil atau vitamin E.

Atau kamu bisa memilih zat turunan dari kojic acid yang lebih stabil yaitu kojic dipalmitate,tapi masih belum terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit.

Harga Kojic acid waktu saya beli di online shop dapat harga 40 ribu per 10gram,sedangkan harga kojic dipalmitate saya lihat di online shop di harga 35 ribu per 5 gram.

Kamu bisa bereksperimen dengan kojic acid dengan mencampurkan bahan lain,jika kamu mau membuat skincare sendiri di rumah.

Efek Samping Penggunaan Kojic Acid

Walaupun kojic acid agen pencerah kulit alami masih saja ada yang tidak cocok menggunakan produk ini. Mendengar dari beberapa konsumen yang membeli dan menggunakan kojic acid mengeluh mendapati gangguan pada kulit mereka ,seperti kulit memerah,gatal,iritasi,sakit,dll.

Pengalaman saya menggunakan sabun kojic acid buatan sendiri,memang diawal saya merasa kulit saya memerah,tapi tidak gatal,apalagi sakit,selang beberapa hari saya menggunakan sabun kojic acid buatan sendiri tidak mengalami efek samping tersebut sampai sabun buatan saya 1 kg tinggal sisa 1 sabun ,ok saja buat saya.
https://creasoap.blogspot.com/sabun-homemade-kojic-acid.html

Mungkin lain orang akan mengalami efek samping yang berbeda.

Jika dirasa efek samping penggunan kojic acid semakin parah lebih baik berhenti dan istirahatkan dulu kulit kamu dari produk kosmetik lain sampai normal,baru menggunakan kosmetik lainnya.Atau bisa konsultasikan pada dokter kecantikan yang kamu pilih.

Tips penggunaan kojic acid

Semua produk kosmetik untuk memutihkan kulit atau mencerahkan kulit akan membuat kulit kamu lebih sensitif pada sinar matahari.Jika kamu menggunakan kojic acid lalu kamu beraktifitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari,bagusnya menggunakan tabir surya setelah menggunakan kojic acid.

Komentar