Langsung ke konten utama

Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Kulit

manfaat-alpukat-untuk-perawatan-kulit

Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Kulit

Alpukat adalah cara alami untuk merawat kulit Anda. Alpukat bermanfaat bagi kulit, tetapi juga jika dioleskan secara topikal, Alpukat dapat mencegah kulit  kering,rambut dan kuku rapuh. Alpukat dikemas dengan nutrisi penting yang menenangkan dan melembabkan kulit kering.

Alpukat memiliki banyak sekali vitamin dan nutrisi termasuk beta-karoten, lutein, vitamin B6, C, E dan K, kalium, seng, selenium dan folat.Karenanya itu alpukat banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan di ekstrak menjadi minyak alpukat,mentega alpukat, untuk dijadikan bahan campuran kosmetik.

Minyak alpukat sendiri telah lama digunakan dalam banyak produk skincare, seperti krim pembersih, kondisioner rambut, masker wajah,body lotion, dan sabun mandi.


1. Pembersih kulit: Alpukat adalah sumber kaya vitamin A yang berkontribusi dalam mengangkat sel-sel kulit mati dari tubuh. Alpukat juga mengandung glutamin, asam amino, yang membersihkan dan menjaga kulit dari polusi lingkungan sekitar.

2. Melembutkan Kulit: Minyak alpukat mudah diserap ke dalam kulit, sehingga bekerja dengan baik ketika digunakan sebagai lotion.Ketika penggunaan alpulat di aplikasikan ke kulit,alpukat cenderung menembus lapisan kulit secara mendalam dan karena itu sangat efektif dalam membersihkan kulit dan memulihkan komponen nutrisi kulit.Dalam proses itu,Alpukat berkontribusi dalam merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

3. Pelembab Efektif: Kamu bisa membuat pelembab sendiri di rumah. Alpukat bekerja dengan secara efektif dalam melembutkan dan melembabkan kulit kering. Cukup hancurkan 1 atau 2 buah alpukat matang atau sesuaikan kebutuhan kamu dan campurkan dengan minyak esensial atau madu.Lalu oleskan ke area kulit yang kamu inginkan dan biarkan selama 20-30 menit. Dan bilas dengan air dingin.

4. Mengurangi Keriput: Alpukat mengandung antioksidan dan asam amino, yang membantu menghilangkan racun dari kulit. Racun-racun ini jika dibiarkan berada di kulit kamu dapat menyebabkan penuaan kulit dan pembentukan kerutan kulit. Untuk menghilangkan racun ini,kamu bisa mengaplikasikan 1 buah alpukat yang sudah di lembutkan sebagai masker wajah.Lalu biarkan di wajah kamu selama sekitar 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Membuat Rambut Berkilau: Kamu dapat menggunakan alpukat untuk membuat kondisioner rambut sendiri di rumah. Cukup gunakan 1 buah alpukat dan campurkan dengan 1 telur dan minyak esensial favorit kamu. Campuran ini akan berfungsi sebagai kondisioner yang bagus untuk rambut. Pijat campuran ini ke rambut dan kulit kepala kamu dan biarkan di sana selama 15 menit. Cucilah rambut dengan shampo favorit kamu sesudahnya.

Kandungan minyak yang sehat dalam alpukat akan melembabkan dan melembutkan rambut yang kering dan rapuh.Kandungan Vitamin E  yang terdapat pada alpukat akan memberikan kilau alami pada rambut.

6. Masker Wajah Alpukat: Campurkan 1/2 buah alpukat matang dan 3-4 tetes essential oil pilihan kamu dan buat halus seperti pasta. Jika memiliki kulit yang sangat kering,tambahkan satu sendok teh madu untuk melembabkan lebih pada kulit kamu.

Cuci muka dengan air hangat sebelum penggunaan masker untuk menghilangkan kotoran dari wajah dan membuka pori-pori wajah. Tepuk-tepuk wajah kamu sampai sedikit basah. Dengan lembut pijat masker alpukat ke wajah. Lalu diamkan selama 15 menit. Bilas wajah kamu dengan air dingin.

7. Masker Rambut Alpukat Untuk Rambut Rontok: Padukan 1 buah alpukat matang, 1 sdm. Yogurt/curd atau tanpa campuran, 1 butir telur dan 1 sdm. minyak jojoba atau jarak atau kelapa atau minyak zaitun lalu buat seperti pasta. Dengan lembut pijat pasta ini ke rambut basah kamu, beri perhatian khusus pada ujung rambut. Diamkan di rambut selama sekitar 30 menit. Cuci rambut dengan shampo yang biasa kamu pakai.
Itulah manfaat alpukat untuk perawatan kulit dan masker wajah alpukat yang bisa kamu coba buat di rumah.

Komentar