Langsung ke konten utama

Manfaatkan Petroleum Jelly Untuk Masalah Pada Kulit

manfaat-petreoleum-jelly-untuk-masalah-pada-kulit

Manfaatkan petroleum jelly untuk masalah pada kulit

Apa itu petroleum jelly? 

Petroleum jelly merupakan hasil gabungan dari benda semi padat dengan hidrokarbon yang dikenalkan sebagai obat salep.Penemuan bahan mentah petroleum jelly diketemukan pada rig pengeboran minyak  pada tahun 1859 di Tittusville,Pennsylvania,Amerika Serikat. Para pekerja pengeboran tidak menyukai material paraffin pada rig karena akan tidak berfungsinya alat tersebut.Tetapi pekerja memanfaatkan material tersebut untuk menyembuhkan luka gores dan luka bakar,karena mereka percaya bahwa penggunaan material tersebut bisa mempercepat penyembuhan luka.

Lalu seseorang ahli kimia muda bernama Robert Chesebrough yang dulunya bekerja menyuling bahan bakar dari minyak bumi,kemudian dia pergi ke Tittusville untuk mencari material baru yang memiliki potensi komersil. Chesebrough mengambil "Rod wax"atau batang lilin hitam yang tidak dimurnikan,lalu dibawanya kembali ke laboratoriumnya untuk memperbaikinya dan mengeksplorasi potensi penggunaan yang ada. Chesebrough menemukan bahwa dengan menyuling lebih ringan, produk minyak tipis dari lilin batang, dia bisa menciptakan gel berwarna terang.Proses ini melibatkan destilasi vakum dari bahan mentah diikuti dengan penyaringan residu masih melalui arang tulang.Chesebrough mematenkan proses pembuatan petroleum jelly melalui Hak Paten Amerika  dan dengan no hak paten 127.568 pada tahun 1872.Dan mengelilingi New York untuk memperkenalkan produknya untuk mendorong penjualan.

Robert Chesebrough membuka pabrik pertamanya pada tahun 1870 di Brooklyn dengan menggunakan nama Vaseline.

Kemudian Food and Drug Administration (FDA) menerima Petroleum Jelly Vaseline sebagai pelindung kulit over-the-counter (OTC) dan banyak digunakan untuk kosmetik skin care.

Manfaat apa saja sih petroleum jelly Vaseline untuk masalah kulit?

  • Untuk mengatasi kulit kering:karena hasil dalam sebuah studi menunjukan bahwa  petroleum jelly efektif melembabkan kulit untuk mengatasi kulit kering.
  • Untuk mengatasi kaki pecah-pecah: kaki pecah-pecah terjadi karena kondisi kulit kaki kering.Oleskan petroleum jelly Vaseline pada kaki pecah-pecah untuk memberikan kelembaban di kaki sehingga mengurangi pecah-pecah di kaki.
  • Untuk mengangkat sel-sel kulit mati: pada skincare Scrub yang terbuat dari bahan campuran petroleum jelly dapat berfungsi mengangkat sel sel kulit mati.
  • Untuk meredakan iritasi kulit ringan setelah melakukan chemical peeling:Dokter akan menyarankan pasien yang mengalami iritasi kulit ringan setelah pasien melakukan chemical peeling untuk mengoleskan petroleum jelly.
  • Untuk penyembuhan luka dan luka bakar ringan: untuk mencegah adanya jaringan parut pada bekas luka.
  • Untuk mengatasi ruam popok:Mencegah iritasi kulit bayi dikarenakan penggunaan popok,oleskan petroleum jelly di area kulit bayi yang rawan akan ruam popok.
  • Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit:kulit gatal karena masalah kulit kering atasi dengan mengoleskan petroleum jelly untuk memberikan kelembaban pada kulit.
  • Untuk mengurangi tampil penuaan pada kulit:Semakin bertambahnya umur,kelembaban kulit semakin menurun,maka dengan itu gunakan petroleum jelly untuk memberikan kelembaban kulit terjaga.
  • Untuk mengobati keratosis pilaris:kulit kasar karena adanya bintik bintik seperti jerawat karena keratosis pilaris akan berkurang masalah tersebut dengan mengoleskan petroleum jelly.
  • Untuk mengurangi efek detergen pada kulit:efek detergen yang membuat kulit kering dan bisa membuat gatal,untuk mengatasi hal tersebut oleskan petroleum jelly.
  • Untuk mengatasi kulit alergi pada perhiasan dan gigitan serangga

Gunakan penggunaan luar petroleum jelly untuk mengobati atau sebagai perawatan kulit dan saat penggunaan,kulit dalam keadaan bersih.



Komentar