Langsung ke konten utama

Manfaat Kaolin Clay & Masker Wajah Kaolin Clay

manfaat-kaolin-clay-&-masker-wajah-kaolin-clay

Manfaat Kaolin Clay & Masker Wajah Kaolin Clay

Masker kaolin clay bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah dan menghilangkan komedo, jerawat, dan kotoran kulit. Kaolin clay ada beberapa warna berbeda,seperti White Kaolin Clay, Yellow Kaolin Clay, Pink Kaolin Clay,dan Red Kaolin Clay adalah yang lebih umum. Manfaat Kaolin Clay bervariasi dalam warna mereka.

#Manfaat White Kaolin Clay,Yellow Kaolin Clay,Red Kaolin Clay,Pink Kaolin Clay

  • White Kaolin Clay: Ini yang paling lembut dan sangat efektif untuk kulit kering yang sensitif,Karena White Kaolin Clay tidak terlalu menyerap banyak minyak, dan baik untuk melembutkan kulit dan pengelupasan ringan dengan daya lembutnya.
  • Yellow Kaolin Clay: Ini sedikit lebih menyerap  minyak di wajah dan mengelupas; namun tetap cukup lembut untuk kulit sensitif.Yellow kaolin clay merangsang sirkulasi darah sedikit lebih banyak, sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam masker mencerahkan kulit.
  • Red Kaolin Clay: memiliki kekuatan menyerap minyak wajah paling banyak dari keluarga kaolin clay lainnya dan sangat bagus untuk kulit berminyak.Red kaolin clay dapat melengkapi sebagai masker jerawat & detoksifikasi untuk wajah dan tubuh.
  • Pink Kaolin Clay: menggabungkan sifat-sifat white kaolin clay dan red kaolin clay, sangat baik digunakan untuk masker penyeimbang bagi mereka yang memiliki kulit sensitif yang membutuhkan sedikit minyak alami wajah dan pengelupasan lembut.

Manfaat Masker Wajah Kaolin Clay

Keunggulan Kaolin clay  dapat digunakan dari kulit kering,sensitif,hingga kulit berminyak, karena tidak begitu kuat dalam mengekstraksi minyak dari kulit kamu seperti kebanyakan jenis clay lainnya,misalnya green clay.

Manfaat Masker Wajah Kaolin Clay adalah:

  1. Memelihara dan menenangkan kulit
  2. Mendetoksifikasi dan membersihkan kulit
  3. Mengelupas kulit mati, karena adanya jumlah silika yang tinggi
  4. Menghilangkan racun dari kulit
  5. Melembutkan kulit
  6. Meningkatkan sirkulasi darah
  7. Melawan jerawat
Itu menjelaskan,alasan mengapa sejumlah produk skincare mencantumkan kaolin clay kedalam ingredientsnya.

Jika kamu memiliki jenis kulit kering dan sensitif, saya menyarankan kamu untuk menerapkan masker kaolin clay kedalam skincare routine kamu untuk mempercantik kulit wajah,bahkan untuk menghilangkan beberapa komedo di wajah.

Bagaimana Cara Membuat Masker Wajah Kaolin Clay?

Masker wajah kaolin clay sangat gampang dibuat.Tuangkan air ke kaolin clay,lalu aduk sampai kamu mendapatkan campuran konsistensi yang kamu inginkan. Jika campuran terlalu kental untuk diterapkan diwajah,maka tambahkan air lagi, dan sebaliknya, jika masker terlalu cair maka tambahkan sedikit kaolin clay.

Kamu akan membutuhkan:

Untuk awalan membuat,kamu bisa menggunakan dengan rasio ini:
(a) Kaolin clay: 2 sendok makan
(b) Air: 2 sendok makan (sebaiknya gunakan air suling atau bisa gunakan hydrosol(seperti air mawar), tetapi kamu juga masih bisa gunakan air bersih di rumah.

Metode pembuatan:

Sediakan mangkuk tidak berbahan logam(bisa gunakan mangkuk stainless steel), lalu campurkan dua bahan tersebut dan aduk (jangan bahan logam/terkecuali stainless steel)bahan tersebut sampai  kosistensi yang kamu inginkan.Alasan kenapa menghindari penggunaan alat logam adalah bahwa logam bereaksi dengan kaolin clay dan mengurangi keefektifannya.Makanya setiap produsen kosmetik hanya menggunakan alat-alat dan mesin kosmetik berbahan stainless steel agar menghindari reaksi kimia yang merusak produk kosmetik.

Catatan: Jika kamu ingin menerapkannya di leher atau bagian tubuh lainnya, gunakan jumlah lebih banyak,tetapi dalam proporsi yang sama.

Bagaimana Cara menggunakan masker kaolin clay?

a. Bersihkan wajah kamu,tidak ada riasan atau krim kulit menempel di wajah.Kamu bisa mencuci muka dengan air biasa.

b. Oleskan masker menggunakan kuas riasan bersih atau menggunakan jari tangan kamu.

c. Untuk Kulit Kering Dan / Atau Sensitif: Biarkan masker di wajah kamu selama sekitar 10 menit. Jangan biarkan mengering sepenuhnya,bilas sebelum tanah benar benar mengering. Dengan cara ini kamu akan memastikan masker kaolin clay tidak sepenuhnya menyerap minyak alami wajah dan akan melembutkan wajah kamu.

d. Untuk Kulit Berminyak dan Rawan Jerawat: Biarkan masker selama sekitar 15-20 menit, sampai benar benar mengering dan kemudian bersihkan. Dengan cara ini masker akan mendapatkan waktu yang cukup untuk mengeluarkan sebum (minyak) dari kulit.

Rekomendasi Penggunaan Masker Wajah kaolin Clay:

  • Untuk jenis kulit normal, kering atau sensitif: Sekali seminggu.
  • Untuk jenis Kulit Berminyak: 2-3 kali seminggu.

Tips: kamu bisa menambahkan 2 tetes essential oil kesukaan kamu untuk manfaat tambahan.




Komentar