Langsung ke konten utama

Noda hitam hilang dengan kunyit beginilah caranya

Manfaat kunyit

Kunyit adalah tanaman rempah rempah yang banyak tersebar di asia tenggara.Nama lain kunyit adalah Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. Umumnya kunyit difungsikan sebagai resep bahan masakan, dan secara tradisional telah digunakan sebagai ayuverda dan pengobatan cina untuk mengobati peradangan, kulit luka, dan gangguan hati.

Di Jawa – Kunyit juga di manfaatkan sebagai jamu atau untuk menjaga kesehatan,Kunyit juga di manfaatkan untuk kecantikan pada jaman kuno hingga sekarangpun masih ada yang memanfaatkan hal tersebut.

Kandungan utama yang dimiliki kunyit adalah kurkumin(Curcumin) dan minyak atsiri(Essential oil),

Kandungan minyak atsiri kunyit bisa dimanfaatkan untuk kesehatan 


Dalam pengobatan hepatitis, gangguan pencernaan, perut mules saat dapat haid, mengatasi haid tidak lancar,berak lender,memperlancar ASI,penyakit keputihan, sebagai anti kolesterol,sebagai anti HIV,sebagai anti tumor (menginduksi apostosis), dapat dimanfaatkan untuk menghambat perkembangan sel tumor payudara, dapat menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, sebagai anti invasi,morbili, anti rheumatoid arthritis (rematik).Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, antioksidan, Amandel.

Nah ini manfaat kecantikan pigmen kuning kunyit atau kurkumin:


Kurkumin bertindak sebagai antioksidan, bahan aktif dalam kunyit, merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan melindungi sel dari radikal bebas yang terbentuk sebagai akibat dari stres oksidatif. Radikal bebas ini dapat merusak sel seiring berjalannya waktu, yang mengakibatkan penuaan. Oleh karena itu, kunyit dapat memperlambat penuaan dini.

Kurkumin untuk mengurangi peradangan anti inflamasi, sudah dibuktikan dalam berbagai studi ilmiah bahwa kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Efektif sebagai Ibuprofen dalam mengurangi rasa sakit yang terkait dengan peradangan, dan tidak memiliki efek samping. Karena circumin adalah penghambat cyclooxygenase-2 (COX2), enzim yang terkait dengan peradangan.

Kurkumin memiliki sifat anti-bakteri, biasanya kunyit diolah menjadi minuman jamu yang bisa menenangkan untuk sakit tenggorokan dan penyembuhan pilek. Karena sifat anti-bakteri rempah-rempah,hal ini mencegah infeksi menyebar lebih lanjut. Selain itu, berkumur dengan minuman  bubuk kunyit hangat dua hingga tiga kali sehari dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara lain untuk menggunakan kunyit sebagai antibiotik adalah menerapkannya pada luka dan untuk mencegah infeksi pada luka.

Kurkumin dapat menurunkan kolesterol, bermanfaat dalam mengontrol kadar kolesterol tinggi dalam darah (hiperkolesterolemia).

Kurkumin dapat mengobati jerawat, karena sifatnya yang anti-peradangan, antibakteri, dan antioksidan, kunyit adalah bahan yang sangat efektif dalam perawatan jerawat. Terlebih lagi, biayanya terbilang sangat murah jika dibandingkan harga obat jerawat yang di jual dipasaran dan kunyit bebas dari efek samping seperti iritasi dan kekeringan.

Kurkumin dapat mencerahkan warna kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah,karena kandungan anti oksidan dalam kunyit.

Kurkumin dapat mengobati penyakit eksim dikulit

Jika kamu memiliki noda hitam di wajah atau hiperpigmentansi diakibatkan produksi melanin secara berlebihan, maka masalah kamu akan terselesaikan dengan menerapkan kunyit untuk perawatan wajah kamu.


Bagaimana cara membuat masker kunyit?


Sediakan bahannya sebagai berikut;


  • 1/4 sendok teh bubuk kunyit
  • 2-3 sendok makan tepung gram (juga dikenal sebagai tepung kacang buncis atau besan)
  • 1/2 sendok teh minyak, saya akan menggunakan minyak almond, karena minyak almond menyerap dengan baik ke dalam kulit tapi kamu bisa nentuin minyak favorit kamu disini
  • Kurang lebih 1/2 sendok teh susu, cukup untuk membentuk krim
  • Jus lemon, atau jus mentimun jika kamu memiliki kulit sensitive


Tahapan pembuatan:


  • Campurkan tepung gram dan kunyit bersama-sama dalam mangkuk hingga rata.
  • Tambahkan lemon (atau jus mentimun) dan minyak ke dalam campuran. Minyak penting untuk memastikan bahwa kulit kamu akan tetap lembab saat masker mengering.
  • Tambahkan susu secukupnya untuk membentuk konsistensi krim.
  • Aduk sampai terbentuk krim yang halus dan pastikan tidak terlalu encer, Jika krim terlalu encer,nanti saat dioleskan pada wajah bisa mengalir kemana mana. Untuk mengatasi krim yang kamu buat terlalu encer bisa ditambahkan tepung gram sampai dapat bentuk krim yang bagus.


Penggunaan Masker Kunyit

Cuci muka kamu terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori pori setelah itu baru mengoleskan masker kunyit tersebut pada wajah kamu (hindari area mata) dan biarkan selama kurang lebih 10 menit, atau sampai masker benar-benar kering di wajah.

Setelah 10 menit kemudian cuci muka pada masker yang menempel dengan air dingin dan gerakan melingkar lembut dengan ujung jari kamu untuk menghapus sisa masker di wajah.

Komentar