Langsung ke konten utama

Ketahui Dibalik Angka SPF Kosmetik Tabir Surya

dibalik angka spf kosmetik tabir suyra

Di lihat dari negara kita Indonesia yang termasuk beriklim subtropis yang lebih sering menerima cuaca panas. Tingkat resiko terpapar sinar UV atau sinar matahari lebih tinggi jika kamu beraktifitas diluar ruangan. Kamu harus lebih melindungi kulit dari bahaya nya paparan sinar UV. Walaupun terkadang kamu membutuhkan sinar UV untuk beberapa kesehatan bagi tubuh kamu, akan tetapi jika terpapar sinar UV secara berlebihan itu tidak baik bagi kulit.

Resiko apa saja sih yang bahaya untuk kulit kamu jika terpapar sinar UV secara berlebihan? Kita bagi dua resiko terpapar sinar UV:

Pertama. Resiko Terpapar Berlebih Sinar UVA

Sinar UVA memiliki resiko jangka panjang pada kulit kamu. Sebagian besar sinar matahari memaparkan Sinar UVA, Jika kamu lebih sering beraktifitas diluar ruangan, maka kamu akan memiliki resiko lebih tinggi pada kesehatan kulit, kulit kamu rentan menjadi keriput dan membuat kamu tampil tidak awet muda atau penuaan dini, bahkan sampai kamu memiliki resiko terkena penyakit kanker kulit.

Kedua, Resiko Terpapar Berlebih Sinar UVB

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Kita terkadang membutuhkan sinar UV atau sinar matahari bagi kesehatan kita, seperti sinar UVB ini yang dapat memberikan vitamin D bagi kesehatan tulang kita. Namun sekali lagi, Jika sinar UVB yang diterima secara berlebih, maka dapat menimbulkan resiko diberbagai kondisi, seperti mata katarak, Kulit memerah atau kulit terasa terbakar atau sunburn, dan memiliki dampak yang sama, seperti sinar UVA, yaitu kamu memiliki resiko terkena penyakit kanker kulit.

Untuk mengurangi resiko dari paparan sinar UV atau sinar matahari berlebih, kamu direkomendasikan menggunakan produk kosmetik tabir surya atau sunscreen atau sunblock yang memiliki SPF.

SPF adalah kandungan paling penting untuk melindungi kulit dari resiko bahaya paparan sinar UV atau sinar matahari secara berlebih.

SPF kepanjangan dari kata Sun Frotection Factor. SPF selalu digunakan untuk produk-produk kosmetik yang bertujuan dalam melindungi dari sinar matahari. Seperti pada produk yang sering kita jumpai dan paling jelas tertera kandungan SPFnya 'Sunscreen, Sunblock dan Moisturizer'.

Bagi kamu yang sudah memakai produk kosmetik perlindungan dari matahari, Kamu pasti sudah tidak asing lagi melihat dikemasan tertera tulisan angka pada SPFnya. Apakah kamu sudah tepat memilih atau membeli produk kosmetik dengan SPF yang disesuaikan dengan aktifitas kamu diluar ruangan atau aktifitas yang lebih sering terpapar sinar UV atau sinar matahari.

Angka di belakang SPF itu mewakili tingkat pertahanan kandungan spf tersebut dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Atau bisa juga dianggap sebagai penentu seberapa kuat atau daya tahan dia dipakai dibawah sinar matahari.

Kulit normal manusia hanya mampu bertahan 10 menit saja terhadap paparan sinar matahari. Dan jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit untuk mampu melindungi dari paparan sinar matahari tersebut.

Dan disini letak perbedaan dari angka SPF, misal kamu memakai produk tabir surya ber SPF 15 : 10 menit x 15 = 150 menit. Atau setara dengan 2,5 jam, jadi SPF 15 yang kalian pakai artinya bisa bertahan selama 2,5 jam terhadap sinar matahari. Begitu juga dengan SPF dengan angka yang lain.

Tabir surya dengan SPF 30 : 10 menit x 30 = 300 menit. Atau setara dengan 5 jam, jadi spf 30 bisa melindungi selama 5 jam dibawah paparan matahari.

Tabir surya SPF 50 : 10 menit x 50 = 500 menit. Atau setara 8 jam lebih, dan selama 8 jam itulah spf mampu melindungi kulit dari bahaya nya sinar matahari.

Yang artinya 1 SPF memiliki waktu perlindungan kulit selama 10 menit. Jika aktifitas kamu memang lebih sering diluar ruangan dan lebih sering terpapar sinar matahari, pilihlah atau membeli produk kosmetik yang memiliki SPF yang tinggi. Sebaliknya jika kamu jarang diluar ruangan atau lebih sering didalam ruangan, kamu cukup memilih atau membeli produk kosmetik yang memiliki SPF kecil.

Dan kamu yang harus diketahui bahwa produk kosmetik yang memiliki kandungan SPF ini mudah hilang bila terkena air. Maka dari itu diperlukan penggunaan ulang yang kamu pakai apabila waktunya sudah habis atau apabila kamu merasa perlu memakai lagi. Karena bisa saja spf ini luntur terkena keringat saat kita beraktivitas.

Komentar