Langsung ke konten utama

Manfaat Madu Asli Untuk Kecantikan Wanita

manfaat madu untuk kecantikan

Madu 

adalah cairan manis yang dibuat oleh lebah menggunakan nektar dari bunga. Ini dinilai berdasarkan warna, madu kuning keemasan dengan harga eceran yang lebih tinggi daripada varietas yang lebih gelap.

Rasa dari jenis madu tertentu akan bervariasi berdasarkan pada jenis bunga dari mana nektar dipanen.

Jenis Madu

  • Madu Eucalyptus: Ekstra kuning muda hingga kuning dalam warna, ia memiliki rasa yang kuat dan dikenal karena nilai obatnya.
  • Lychee Honey: Putih ke kuning muda, jenis madu ini dikenal karena aroma dan rasanya. Ini sedikit asam di alam.
  • Madu Bunga Matahari: Warna kuning keemasan yang kaya, madu ini bersumber dari mekar bunga matahari, memiliki rasa yang menyenangkan.
  • Madu Multiflora Himalaya: Berasal dari berbagai jenis mekar Himalaya, madu ini biasanya berwarna putih hingga kuning muda. Ini memiliki rasa yang sangat dicintai dan banyak nilai obat.
  • Madu Akasia: Hampir tidak berwarna putih ini dihasilkan dari bunga pohon Akasia dan berbadan sangat tebal.
  • Madu Hutan: Madu yang gelap dan beraroma ini dikumpulkan dari hutan tropis Jharkhand dan Bengal. Ini bertubuh penuh dan kaya nutrisi.

Berikut ini manfaat madu asli untuk kecantikan wanita:

Manfaat madu asli untuk mengatasi jerawat

Madu asli sebagai pembersih dalam yang hebat, mengeluarkan kotoran dari pori – pori kamu. Madu asli juga sebagai antiseptik dan antibakteria yang menenangkan peradangan dan mengatasi infeksi. Madu juga dapat melembabkan kulit tanpa minyak berlebih sehingga kamu tidak berjerawatan.

Tips penggunaan madu asli untuk mengatasi jerawat

Cukup oleskan tipis madu asli ke kulit wajah dan tunggu hingga 30 menit, lalu basuh wajah kamu dengan air hangat.
manfaat madu dan essential lavender untuk jerawat

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil tea tree dan lavender untuk meningkatkan daya madu untuk melawan jerawat.

Manfaat Madu Asli untuk Eksfoliator dan Pembersih

Madu asli adalah sebagai agen pembersih yang ampuh mengeluarkan kotoran,dan polusi. Madu asli juga bisa sebagai penghapus alami rias wajah atau makeup.

Tips penggunaan madu asli untuk eksfoliator dan pembersih

Penggunanaan madu asli untuk pembersih rias wajah atau makeup: buat campuran madu dengan minyak kelapa dan menambahkan sejumput kunyit untuk efek antibakteria. Oleskan campuran tersebut ke wajah kamu dengan sambal memijat untuk melunturkan rias wajah atau makeup.Kemudian bersihkan dengan menggunakan bola kapas basah, ini juga akan memberikan kelembabpan pada wajah kamu.

Penggunaan madu asli untuk eksfoliat: Dengan membuat lulur dari mencampurkan dua bagian madu dengan satu bagian soda kue. Aduk hingga campuran merata,lalu gosokan lulur madu ke kulit kamu untuk melonggarkan kulit mati. Kemudian cuci bersih. Lulur madu ini bisa kamu gunakan diseluruh tubuh.

Manfaat Madu Asli untuk Agen Antipenuaan

Madu asli kaya akan antioksidan yang berfungsi memperlambat penuaan. Mengoleskan madu secara rutin akan membuat kulit kamu terlihat lebih muda lebih lama. Madu juga mengurangi munculnya keriput.madu sebagai humektan alami, melembabkan lapisan atas kulit dan mencegahnya menjadi kering dan teriritasi.

Tips penggunaan madu asli untuk agen antipenuaan

Penggunaan madu asli untuk agen antipenuaan dengan membuat masker madu dengan susu, campurkan  satu sendok makan madu dan satu sendok makan susu. Gunakan masker madu dan susu tersebut dan diamkan selama 30 menit,akan lebih bagus dengan memijat kulit dengan gerak memutar,ini akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan akan mengencangkan kulit kamu. Kemudian cuci masker tersebut dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin untuk mengurangi garis – garis halus dan bintik – bintik penuaan dengan meningkatkan elastisitas kulit kamu.

Manfaat Madu Asli untuk Pelembab

Madu sebagai humektan alami yang mengikat kelembaban dari udara ke kulit kamu. Kelembaban ini yang menjaga kulit kamu agar tidak terlihat kering.

Tips penggunaan madu asli untuk pelembab

Manfaat madu dan jus lemon untuk pelembab
Pelembab dalam: Campurkan jus lemon satu sendok teh dengan satu sendok teh madu dan oleskan seluruh wajah kamu. Kemudian cuci bersih setelah 30 menit.

Masker madu untuk pelembab: dengan mencampurkan madu dan yoghurt, lalu oleskan ke wajah kamu dan biarkan sampai mongering di wajah sebelum dibilas.

Madu untuk mandi pelembab: di musim dingin, kulit dapat menjadi terlihat kering, madu yang mampu bisa memberikan kelembaban pada kulit,kamu bisa mencoba mandi madu. Campurkan 2 cangkir madu kedalam air mandi kamu dan rendam selama 15 menit, kemudian tambahkan secangkir baking soda kedalamnya untuk menghilangkan kulit mati.

Madu untuk pelembab bibir kering: oleskan madu ke bibir kamu dan diamkan madu disitu.

Manfaat Madu Untuk Perawatan Rambut

Tak hanya bermanfaat untuk kulit,madu juga bagus untuk perawatan rambut.

Tips penggunaan madu untuk perawatan rambut

Madu untuk pertumbuhan rambut:Panaskan sedikit minyak kelapa,lalu tambahkan dua sendok madu di dalamnya, tambahkan putih telur dan oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 menit dan bersihkan.

Madu untuk mengatasi ketombe: Dengan sifatnya yang unik , madu dapat mengatasi ketombe di kepala. Basahi rambut kamu dengan air, lalu oleskan secukupnya dengan memijat hingga madu merata dirambut dan kulit kepala. Diamkan kurang lebih 3 – 4 jam dan cuci bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Madu untuk kondisioner rambut: Campurkan dua buah pisang,kemudian secangkir madu, dan ¼ gelas minyak kelapa,kemudian di blender atau ditumbuk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut ke rambut dan kulit kepala kamu,tunggu selama 30 menit dan bilas dengan shampoo sampai bersih. Lakukan perawatan ini hingga tiga kali dalam sebulan untuk hasil yang optimal.
Manfaat madu untuk kondisioner rambut

Manfaat Madu untuk Menghilangkan Luka

Penelitian dari Universitas Auckland, Selandia Baru, telah menunjukkan bagaimana madu dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar, sementara penelitian lain yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan bahwa madu sebagai pembalut luka membersihkan infeksi dan mencegah penyebarannya; mengontrol dan menghilangkan bau yang kuat dari luka; mengurangi jaringan parut permanen; dan bertindak sebagai antiinflamasi.

Tips madu untuk menghilangkan luka

Cukup oleskan tipis madu pada luka atau bekas luka yang akan disembuhkan dan cuci bersih dengan air hangat.

Manfaat Madu untuk Mencerahkan Wajah

Madu sangat memberikan kelembaban pada kulit dan dengan penggunaan teratur akan meningkatkan warna kulit kamu dan membuatnya bersinar. Gula dalam madu bertindak sebagai pelembab alami dan emolien yang meningkatkan kadar air di kulit. Humektan menarik kelembaban dari udara kedalam kulit. Dengan kelembaban kulit yang terjaga menjauhkan kulit dari kering. Inilah alasan mengapa madu digunakan sebagai basis untuk sejumlah besar produk perawatan kulit. Enzim dalam madu masuk jauh ke dalam kulit dan melembabkannya dari dalam.

Tips penggunaan madu untuk mencerahkan wajah

Oleskan madu secara teratur pada wajah kamu atau gunakan malam hari hingga pagi hari dan cuci bersih dengan air hangat.

Komentar