Langsung ke konten utama

Sebelum Beli Minyak Lavender Ketahui Lebih Dahulu

Minyak lavender dan manfaat minyak lavender, penggunaan minyak lavender untuk ibu hamil dan menyusui


Minyak lavender atau Essential Lavender Oil adalah minyak yang dihasilkan dari hasil distilasi bunga lavender "Lavandula Angustifolia".

Minyak lavender ini sudah sejak lama digunakan, yaitu 2500 tahun. Minyak lavender digunakan sebagai parfum alami, aromaterapi, pengobatan, bahan alami kosmetik. 

Minyak lavender paling sering digunakan sebagai parfum alami oleh produsen sabun alami karena efek yang diberikan seperti menenangkan, antiseptik, anti-inflamasi, deodoran.

Manfaat minyak lavender untuk pengobatan adalah untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak yang disebabkan oleh gigitan serangga, menenangkan perut kembung, meredakan kejang otot, menenangkan untuk luka bakar, mengurangi rasa sakit dan menghambat pendarahan serta melindungi dari bakteri di daerah kulit yang terluka, mengatasi gangguan tidur, meringankan sakit kepala.

Manfaat minyak lavender bisa ditemukan di beberapa produk kosmetik, seperti sabun, shampo, lotion, serum, cream, dan masih banyak bentuk produk kosmetik lain nya.

Manfaat minyak lavender untuk shampo, seperti menghilangkan kutu dan telur kutu di rambut, dan menghilangkan ketombe.

Manfaat minyak lavender untuk wajah, seperti menghilangkan jerawat, menghilangkan kerutan dan garis - garis halus, menghilangkan wajah yang kusam.

Komposisi kimiawi minyak Lavender terdiri dari, lebih dari 100 konstituen, termasuk: linalool, linalyl acetate, camphor, limonene, cineole, tanin, coumarin, flavonoid, triterpen, dan perillyl alcohol. Yang utama adalah 1,8-cineole, limonene, linalool, camphor, linalyl acetate, lavendulyl acetate, terpinen-4-ol, a-pinene, cis-ocimene, 3-octanone, trans-ocimene, dan caryophyllene.

Penggunaan minyak lavender untuk ibu hamil dan menyusui, belum cukup nya penelitian yang membuktikan bahwa minyak lavender aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, karena dapat bertindak pelemas otot dan dapat mempengaruhi kadar hormon. Oleh karena itu, ibu hamil dan menyusui diharapkan tidak menggunakan minyak lavender, terutama wanita hamil pada trimester 3, atau bisa berkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Untuk penggunaan minyak lavender pada anak - anak, karena minyak lavender dapat mempengaruhi hormon, mungkin ini akan bisa beresiko ke anak laki - laki yang belum puber, maka disarankan untuk berhati - hati digunakan untuk anak- anak pada usia itu.

Komentar