Langsung ke konten utama

Kenalin Dulu Tea Tree Sebelum Beli dan Digunakan

Tea tree|minyak tea tree|Manfaat tea tree@creasoap


Tea tree atau pohon teh "Melaleuca alternifolia"  Tanaman yang berasal dari rawa di pantai Australia Timur dan Queensland Tenggara. Tea tree dipublikasikan pertama kali pada abad ke-18 oleh seorang kapten pelaut bernama James Cook, Botani bay di Australia, saat ia bertemu dengan orang Aborigin yang sedang mempersiapkan campuran aromaterapi. Diyakini sang kapten menghidangkan minuman teh dengan campuran daun tea tree untuk menyembuhkan penyakit kudis para krunya. Sedangkan minyak tea tree atau tea tree oil tidak direkomendasikan untuk penggunaan internal atau diminum, karena dapat memiliki toksin atau racun yang dapat menyebabkan keracunan, bahkan dikonsumsi dalam jumlah kecil. Penggunaan minyak tea tree hanya digunakan untuk topikal saja atau penggunaan luar.

Memang untuk sekarang daun tea tree lebih populer untuk dihasilkan minyak atsirinya. Melalui sistem distilasi lah, daun tea tree menghasilkan minyak atsiri "Tea tree oil".

Minyak tea tree ini mengandung kimia utama,seperti:α-pinene, β-pinene, Sabinene, Myrcene, α-Phellandrene, α-Terpinene, Limonene, 1,8-cineole, gamma-Terpinene, p-Cymene, Terpinolene, Linalool, Terpinen-4-ol and α-Terpineol.

Bahan kimia aktif yang terkandung dalam minyak tea tree berkontribusi sebagai stimulan sistem kekebalan yang kuat namun lembut, serta untuk mengurangi atau menghilangkan bakteri dan infeksi berbahaya saat kontak langsung.

Minyak tea tree terbaik jika mengandung tingkat Terpinen-4-ol tinggi dan Cineole yang rendah. Terpinen-4-ol adalah Monoterpene yang sangat murni, dan golongan ini memiliki sifat anti-bakteri. Kandungan Cineole yang tinggi tidak efektif untuk menenangkan peradangan atau perawatan luka.

Kegunaan Tea Tree

Minyak tea tree ini bisa diaplikasikan sebagai bahan alami untuk banyak produk.

Minyak tea tree untuk produk pembersih rumah tangga

seperti : sabun cuci, sabun tangan, poles, penyegar udara, dan penolak serangga.

Minyak tea tree untuk topikal dan kosmetik

seperti: sabun batangan, sabun mandi alami, parfum, moisturizer, minyak pijat, masker, krim, serum, shampo, salep, toner, lotion, dan kondisioner kuku.

Manfaat Tea Tree

Manfaat minyak tea tree sangat berlimpah, sebagai obat, aromaterapi, dan kosmetik perawatan kecantikan.

Manfaat tea tree untuk aromaterapi 

menggunakan alat aroma terapi diffuser untuk menghasilkan uap yang dapat memberikan ketenangan, membuat otak dan tubuh menjadi rileks, meredakan infeksi saluran pernafasan,  dan penggunaan beberapa tetes minyak tea tree pada bantal dapat membuat kualitas tidur lebih baik.

Manfaat tea tree dikombinasikan dengan minyak pelarut atau "Carrier Oil" Sebagai obat

Seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak alpukat, minyak argan, dan minyak pelarut lainnya dapat menyembuhkan luka ringan dengan mengurangi rasa sakit, menghambat peredarahan darah keluar, meringankan luka bakar, gigitan serangga, menghilangkan bakteri pada luka, menutup bekas luka atau mengembalikan tampilan kulit tanpa cacat karena bekas luka.

Manfaat tea tree untuk kosmetik

Sebagai toner untuk menyeimbangkan kulit berminyak
Membersihkan kulit dan memperbaiki tampilan pori - pori
Mengatasi masalah wajah berjerawat
Menunda atau mengurangi penuaan dini (anti aging)
Sebagai antioksidan
Menghilangkan panu, kudis, kurap
Menghilangkan telur kutu dan kutu rambut
Menyegarkan kulit kepala
Mengatasi rambut berketombe
Meningkatkan sirkulasi pertumbuhan rambut
Mempercantik penampilan kuku
Sebagai deodoran untuk menghilangkan bau tubuh

Cara penggunaan minyak tea tree

Tidak diperbolehkan minyak tea tree untuk dikonsumsi langsung atau diminum, beberapa kasus dilaporkan, seseorang menelan minyak tea tree mengalami kebingungan, ruam, ketidakstabilan, ketidakmampuan berjalan, dan beberapa kasus yang parah, ketidaksadaran yang berkepanjangan.

Tidak direkomendasikan penggunaan minyak tea tree pada bagian dekat area mata, bagian hidung dalam, dan area kulit sensitif lain nya.

Setelah mengoleskan minyak tea tree ke kulit, hindari terkena sinar matahari langsung, karena minyak tea tree membuat kulit lebih peka atau sensitif terhadap sinar UV.

Dianjurkan untuk penggunaan minyak tea tree dikombinasikan dengan minyak pelarut atau carrier oil untuk mengencerkan. Dengan penggunaan dosis tinggi minyak tea tree dapat menimbulkan iritasi kulit, seperti terasa terbakar.

Pada beberapa kasus untuk mengobati wajah berjerawat menggunakan minyak tea tree dapat menimbulkan efek kulit kering, gatal, terasa tersengat, kulit kemerahan ,kulit terasa terbakar.

Dianjurkan untuk melakukan tes terlebih dahulu dengan dosis yang tipis minyak tea tree pada tangan.

Komentar