Langsung ke konten utama

Manfaat sabun mandi homemade dibandingkan sabun komersil yang banyak beredar dipasaran

manfaat-sabun-mandi-homemade
@Photo: ANDROMACHI/Shutterstock)

Manfaat sabun mandi homemade

Pasti dari sebagian banyak pembaca juga sudah banyak yang tahu kan, Sabun yang banyak beredar dipasaran dalam kemasan sabun tercantum kandungan SLES/SLS dan Paraben,dan masih banyak kimia lain yang tercantum.

Sabun pada era modern sudah jauh beda dengan sabun pada jaman dahulu.Baca sejarah sabun Sabun sekarang terlalu banyak menggunakan bahan kimia sintetis. Yah mungkin karena proses efisiensi pembuatan sabun skala industri besar dan murah.

Coba kalian bandingkan harga sabun homemade dengan bahan alami dengan sabun buatan pabrik yang menggunakan bahan kimia sintetis pasti jauh beda. Harga sabun homemade dengan bahan alami akan lebih mahal, Karena bahan bakunya juga mahal :) dan jika menggunakan proses pembuatan sabun dengan cold process juga akan membutuhkan waktu untuk sabun tersebut bisa digunakan.Baca 3 Proses Pembuatan Sabun

Walaupun harga jual sabun alami terbilang mahal,banyak orang bule lebih suka mengeluarkan uangnya untuk membeli sabun alami.Karena kebanyakan mereka sekarang lebih fokus ke bahan alami dan merasa kulit mereka terasa lebih halus/lembut,tidak kering,ketimbang menggunakan bahan sintetis yang mereka keluhkan setelah penggunaan,kulit terasa kering/kusam,menghitam,dan sebagainya.Walaupun sebagian bahan kimia sintentis contohnya seperti SLES/SLS surfaktan atau deterjen,paraben sebagai bahan pengawet kosmetik dengan konsentrasi kecil masih terbilang aman jika digunakan menurut FDA.

Terus apalagi manfaat membeli sabun homemade untuk jadi incaran dibeli atau memulai membuat sabun homemade?

  • Banyak variasi bentuk yang unik yang bisa dibikin,misal bentuk cake,bentuk hati,sarang madu,dll.
  • Banyak variasi bahan baku yang digunakan,misal coconut oil,palm oil,olive oil,castor oil,ricebran oil,sunflower oil,tea tree oil,shea butter,cocoa butter,dll
  • Menggunakan Essential oil sebagai pengharum sabun
  • Banyak variasi warna yang bisa dibikin
  • Penambahan bahan aditif yang baik untuk kulit sehingga kulit terasa lebih lembut,awet muda,cerah,misal lidah buaya/aloe vera,vegetable gliserin,collagen,kunyit,temulawak,vitamin,.
  • Mengurangi efek samping pada penggunaan bahan kimia sintetis.
  • Aman digunakan segala usia
Nah setelah manfaat sabun mandi homemade tadi yang disebutkan,kembali lagi pilihan ada pada kalian sendiri.Apakah akan memilih menggunakan sabun mandi homemade dengan bahan alami yang lebih sehat untuk kulit kalian dan mengurangi efek samping bahan kimia sintetis atau tetap menggunakan sabun dengan kimia sintetis dengan efek samping yang kedepannya akan kalian rasakan.Cerdas memilih :)

Komentar