Langsung ke konten utama

Ternyata Begini Manfaat Cocoa Butter Untuk Perawatan Rambut

Manfaar Cocoa Butter Untuk Perawatan Rambut

Cocoa butter adalah minyak cocoa padat pada suhu ruangan.Cocoa butter yang hasil dari pemrosesan biji cocoa menjadi butter dan proses yang sama pada shea butter dan pembuatan butter lainnya. Cocoa butter biasa digunakan sebagai bahan campuran jajanan dan makanan enak lainnya.
Tak hanya difungsikan sebagai bahan campuran makanan saja ternyata cocoa butter tersebut,

Kamu tahu ? Cocoa butter adalah emolien alami, Apa itu emolien? Emolien adalah pelembab.Lalu,kita bisa gunakan cocoa butter dalam perawatan rambut dan kulit.Jenis butter yang paling banyak di manfaatkan dalam produk kosmetik kecantikan atau skincare adalah cocoa butter dan shea butter.

Kamu mungkin akan suka jika menerapkan cocoa butter dalam perawatan rambut mu, karena manfaat cocoa butter seperti:
  • Melembabkan rambut secara alami
  • Membuat rambut lemas dan mudah diatur
  • Mencegah kerontokan rambut karena pecah
  • Memperkuat batang rambut
  • Menambah volume dan kekuatan pada rambut halus
  • Mengisi ulang minyak yang hilang karena proses kimia pada shampo
  • Memperbaiki rambut bercabang
  • Mengatasi rambut bergelombang
  • Mengurangi efek rambut setelah pelurusan rambut dengan bahan kimia atau rebonding
  • Dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada rambut
Apa yang kamu harus perhatikan jika menggunakan cocoa butter sebagai perawatan rambut? Cocoa butter yang telah di cairkan akan mengeras kembali dalam waktu 20 menit dengan suhu ruangan. 

Jadi pastikan kamu mengaplikasikan cocoa butter pada rambut tidak lebih dari 20 menit. Jika tidak rambut kamu akan terlihat aneh dan kaku. Apalagi setelah kamu gunakan cocoa butter dan kamu pergi keluar rumah dan kamu akan berada di tempat umum contohnya, kamu bakal jadi bahan tertawa mereka,hahaha 

Cukup gunakan cocoa butter yang sudah di cairkan dan oleskan pada rambut dan diamkan selama 10-15 menit,setelah itu bersihkan rambut dan kamu akan terhindar dari masalah tersebut.

Cara Menggunakan Cocoa Butter Untuk Rambut


Cocoa butter sebagai kondisioner


Menggunakan cocoa butter sebagai kondisioner bisa sebagai tambahan campuran kondisioner kamu yang ada atau menggunakan cocoa butter secara langsung ke rambut.

Jika sebagai tambahan kondisioner tambahan, kamu hanya perlu menambahan sedikit kondisioner yang kamu punya.jadi menghemat kondisioner yang ada.

Menggunakan bahan alami lainya dan dipadukan dengan cocoa butter:

Cocoa butter,minyak kelapa,minyak jojoba


Perpaduan yang sangat bagus antara cocoa butter ,minyak kelapa,dan minyak jojoba sebagai perawatan rambut.minyak kelapa sudah lama digunakan wanita jaman dulu untuk merawat kulit dari kusam dan pada rambut agar tidak terlihat kering dan menjaga pertumbuhan rambut dengan baik.Sedangkan Minyak jojoba sebagai bahan pokok pada produk shampo dan kondisioner. Minyak jojoba selain melembutkan dan menghaluskan rambut juga bisa mengatasi ketombe pada rambut.

Karena kandungan minyak jojoba kaya akan kadungan yang bagus untuk rambut,seperti Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E, Copper,Zinc.

Coba dengan resep ini:

2 Sendok makan cocoa butter yang sudah dicairkan
1 Sendok makan minyak kelapa
1 Sendok makan minyak jojoba

Campurkan bahan tersebut,dan diamkan hampir mengeras,jangan sampai benar benar padat, lalu kocok 4 – 5 menit hingga menjadi krim.

Gunakan pada saat mandi,oleskan krim ke rambut jangan sampai mengenai kulit kepala,lalu diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan shampo atau kondisioner kamu punya.

Cocoa butter,Aloe vera,Madu


2 sendok makan cocoa butter yang sudah dicairkan
2 sendok makan aloe vera
1 sendok teh madu murni

Buatlah ini sebelum kamu mandi, sehingga bisa langsung di manfaatkan secara langsung. Campurkan bahan tersebut dan oleskan ke rambut dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan shampo atau kondisioner yang kamu punya.

Cocoa butter,minyak jojoba,madu


8 sendok teh cocoa butter yang sudah dicairkan
3 sendok teh minyak jojoba
2 sendok teh madu murni

Buatlah ini sebelum kamu mandi, sehingga bisa langsung di manfaatkan secara langsung. Campurkan bahan tersebut dan oleskan ke rambut dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan shampo atau kondisioner yang kamu punya.

Jika kamu mau lebih untuk mengatasi ketombe pada rambut, kamu bisa menambahkan cuka apel,  essential tea tree oil, essential eucalyptuse oil, atau baca rekomendasi cara menghilangkan rambut ketombe

Kamu bisa menggunakan perawatan rambut cocoa butter diatas 1 – 2 sekali dalam seminggu untuk menghasilkan yang optimal pada rambut kamu.

Komentar