Langsung ke konten utama

10 Manfaat Coklat Bubuk Untuk Kecantikan

10 manfaat coklat bubuk untuk kecantikan

Apa itu cocoa powder atau coklat bubuk?

Cocoa powder atau coklat bubuk adalah bubuk berwarna coklat gelap tanpa pemanis yang diekstrak dari biji kakao. Biji kakao tumbuh dalam polong di pohon kakao.

Untuk mendapatkan cocoa powder atau coklat bubuk, biji kakao difermentasi, dikeringkan, dipanggang, dan dipecah. Ini membentuk biji kakao yang kemudian ditumbuk yang memberikan dua zat: cocoa butter dan pasta cokelat yang disebut chocolate liquor. Setelah menekan lemak, cairan coklat dikeringkan lagi dan digiling menjadi bubuk.


Sebuah fakta pada coklat bubuk memiliki kandungan polyphenol yang memberikan manfaat bagus untuk perawatan kulit.
Manfaat lain apa sajakah coklat bubuk ini yang bisa kita manfaatkan

10 manfaat coklat bubuk untuk kecantikan

Cerahkan warna kulit kamu dengan coklat bubuk

Coklat bubuk dapat meningkatkan kecerahan warna kulit kamu, kandungan lain bubuk coklat seperti Flavonoid di dalamnya, meningkatkan elastisitasnya dan membantu mengurangi noda yang membuat kulit kusam, sehingga memelihara kulit kamu.

Kecangkan kulit kendur kamu dengan bubuk coklat

Kamu mempunyai masalah kulit kendur? Atasi dengan menggunakan coklat bubuk ini. Kandungan kafein dan theobromine yang ditemukan dalam coklat bubuk membuat kulit kencang, kencang dan kencang. Itu karena mereka bekerja membantu memecah lemak dan menghilangkan retensi cairan berlebih. Jadi, jika kamu memiliki kulit yang kendur, kulit sembab dan bahkan di bawah kantung mata, cobalah membuat masker dari bubuk kakao dan oleskan ke wajah kamu selama beberapa menit.

Membuat awet muda dengan coklat bubuk

Cara mudah dan tanpa resiko untuk awet muda adalah dengan mengkonsumsi coklat bubuk. Karena coklat kaya akan antioksidan yang disebut flavonol. Sifat antioksidan kuat dari flavonol membantu melawan radikal bebas, sehingga membuat kulit awet muda lebih lama. Konsumsilah coklat bubuk dan gunakan secara eksternal untuk mengisi sel-sel kulit kamu dan melawan kerutan dini.

Mencegah kulit kamu rusak dari paparan sinar UV

Selain penggunaan kosmetik tabir surya, mengkonsumsi bubuk coklat atau minuman coklat akan membuat secara alami tabir surya dalam tubuh kita. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2006 menunjukkan bahwa sekelompok wanita yang diberi minuman coklat kaya flavanol menunjukkan 15% lebih sedikit kemerahan pada kulit ketika terkena sinar UV. Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi yang memerangi radikal bebas yang dihasilkan ketika sinar UV mengenai kulit.

Memperbaiki kulit yang rusak

Coklat bubuk membantu memperbaiki sel-sel kulit. Oleh karena coklat bubuk dikemas dengan antioksidan yang melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mencuri oksigen dari sel kulit untuk menyeimbangkan diri. Dalam prosesnya, mereka membuat sel-sel kulit kehilangan oksigen dan menjadi mati. Ini menyebabkan berbagai masalah kulit seperti noda, kulit tampak kusam dan banyak lagi. Jadi kamu bisa memanfaatkan coklat bubuk untuk dijadikan masker wajah kamur untuk memperbaiki sel – sel kulit mati kamu.

Melakukan pelupasan kulit atau mengangkat kulit mati kamu (eksfoliasi)

Coklat bubuk memiliki tekstur pengelupasan kulit yang lembut, yang membantu menghilangkan sel-sel mati pada kulit. Ini baik untuk kulit sensitif atau berjerawat. Kamu dapat mengkombinasikan coklat bubuk dengan sedikit susu, yang sama juga memiliki sifat pengelupas karena kandungan asam laktatnya, dan oleskan secara ringan pada wajah kamu sebagai scrub.

Coklat bubuk juga bisa mengatasi jerawat kamu loh

Coklat bubuk dapat mengurangi gejala kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. kamu bisa baca membuat resep masker wajah coklat bubuk ampuh mengatasi jerawat

Membuat rambut kamu bisa lebih berkilau dan lembut

Coklat bubuk tidak hanya baik untuk kulit, coklat bubuk juga bagus untuk rambut juga. Coklat bubuk mengandung sejumlah besar sulfur, yang merupakan salah satu mineral paling penting untuk kesehatan rambut. Mengkonsumsi coklat bubuk membuat rambut kamu berkilau dan lembut secara alami.

Membuat rambut menjadi lebih hitam

Coklat bubuk tidak hanya membuat berkilau saja, dengan bertahap dapat menggelapkan warna rambut kamu. Cobalah gunakan coklat bubuk dengan air hangat, lalu gunakan sebagai pembilas rambut.

Mengurangi selulit

Karena kandungan kafein dan teobrominnya, coklat bubuk membantu mengeringkan sel-sel lemak, meningkatkan aliran cairan berlebih dari tubuh yang membantu membersihkan selulit dengan mengencangkan kulit.

Komentar