Langsung ke konten utama

Bahan Alami Kosmetik Shea Butter

bahan alami kosmetik shea butter @creasoap

Shea butter adalah lemak hasil olahan ekstrasi biji pohon shea (Vitellaria paradoxa) yang berasal dari negara Afrika. Nama umum pohon shea adalah shíyiri atau shísu dalam Bahasa Bambara di Mali. Sedangkan pohon shea di Senegal di sebut ghariti dalam Bahasa Wolof.

Pohon Shea tumbuh secara alami di alam liar di sabuk sabana kering Afrika Barat dari Senegal di barat ke Sudan di timur, dan ke kaki bukit dataran tinggi Ethiopia. Dan tumbuh juga di 21 negara di seluruh benua Afrika, yaitu Benin , Burkina Faso , Kamerun , Republik Afrika Tengah , Chad , Ethiopia , Eritrea , Ghana , Guinea-Bissau , Pantai Gading , Mali , Niger , Nigeria , Senegal , Sierra Leone , Sudan Selatan , Sudan , Togo , Uganda , Republik Demokratik Kongo , Kenya dan Guinea .

Penemuan testa sebuah situs di desa saouga, yang menunjukan produksi shea butter sudah di awal abad 14.

Kegunaan Shea Butter

Shea butter banyak digunakan dalam industri kosmetik untuk produk kosmetik perawatan kulit dan perawatan rambut, seperti sabun batang, handbody, sunscreen dan sunblock, body butter, body lotion, lip gloss, krim pelembab, kondisioner rambut kering dan rapuh. Pada pembuat sabun alami hanya menggunakan shea butter hingga 25 % , di negara Uni Eropa mengatur maksimal penggunaan shea butter tidak lebih 28 %, Tetapi jarang untuk sabun komersial menggunakan shea butter di karenakan harganya yang cukup tinggi dibandingkan minyak kelapa dan minyak zaitun.


Di Beberapa bagian negara Afrika, Seperti Benin, Shea butter digunakan sebagai minyak goreng, sebagai lilin alami, bahan salep obat dan minyak pijit. Di negara Inggris dan beberapa negara lain, di masukan kedalam beberapa produk tisu, seperti tisu toilet.

Manfaat Shea Butter Untuk Produk Kosmetik

Shea butter aman digunakan di segala jenis kulit.

Shea butter mampu melembabkan kulit karena mudah menyerap di kulit dan mengembalikan lipid dengan cepat sehingga melembabkan. Karena shea butter mengandung High Fatty Acid atau asam lemak tinggi yang terkandung asam linoleat, oleat, stearate, dan palmitat.

Shea butter tidak membuat kamu terlihat berminyak, karena memiliki asam linoleat dan asam oleat yang tinggi, kedua asam ini saling menyeimbangkan.

Shea butter memiliki sifat anti-inflammatory, mampu meminimalisir iritasi yang disebabkan faktor lingkungan, seperti cuaca kering, serta kondisi kulit yang meradang atau eksim.

Shea butter sebagai antioksidan, shea butter memiliki kandungan vitamin A dan E yang signifikan,yang mempromosikan aktivitas antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah agen anti penuaan, yang melindungi sel – sel kulit kamu dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam.

Shea butter sebagai antibakteri, mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Shea butter sebagai antifungal, sebagai bahan yang kuat melawan infeksi kulit akibat jamur.

Shea butter membersihkan kulit dari minyak berlebih (sebum).

Shea butter sebagai booster kolagen dalam kulit, shea butter mengandung triterpene, Senyawa kimia yang terjadi secara alami ini dianggap menonaktifkan penghancuran serat kolagen. Yang mengurangi munculnya garis – garis halus.

Shea butter mampu meregenerasi kulit, sifat shea butter sebagai pelembab dan antioksidan nya secara bersama membantu kulit kamu untuk membuat sel – sel kulit baru.

Shea butter meringankan stretch mark, menghentikan fibroblast keloid atau jaringan parud dari reproduksi sekaligus mendorong pertumbuhan sel yang sehat dan menggantikannya.

Shea butter melindungi kulit dari bahaya sinar UV atau sinar matahari.

Shea butter mengurangi ketombe pada rambut dan kulit kepala.

Shea butter membuat rambut lebih kuat tidak rapuh.

Shea butter dapat menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

Shea butter mengurangi bekas luka dan luka bakar.

Dan masih banyak manfaat lainnya dari shea butter ini.

Klasifikasi Produk Shea Butter

Shea butter di jual dengan 5 tingkatan:

Shea butter grade A ( RAW atau unrefined, diekstrasi menggunakan air)
Shea butter grade B (refined)
Shea butter grade C (refined,diekstrasi dengan pelarut heksana)
Shea butter grade D (nilai terendah tapi tidak terkontaminas)
Shea butter grade E ( Terkontaminasi)

Shea butter grade A,B,C memiliki wangi yang sangat kuat, grade A dan B memiliki warna ke kuning seperti mentega, grade C berwarna putih murni.

Komentar